Sabtu, 12 Desember 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 40 (Tamat)



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 40 (Tamat)

Bait Sutra :


fó       shuō   cǐ       jīng    yǐ                shè     lì        fó               
                                                           

 jí       zhū    bǐ       qiū               yí      qiè     shì      jiān   
                                                     

tiān    rén     ā        xiū     luó     děng            wén   fó
                                                     

suǒ     shuō            huān  xǐ       xìn     shòu            zuò
                                               

lǐ        ér       qù              
                       

Setelah Buddha Sakyamuni menyelesaikan ucapanNya, Sariputra dan para siswa utama Buddha Sakyamuni beserta para Dewa, manusia, Asura  dan hadirin lainnya dari sepuluh penjuru alam, setelah mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Sakyamuni, semuanya membangkitkan sukacita, menerima dan mengamalkannya, bernamaskara pada Buddha dan meninggalkan tempat persamuan.



Penjelasan :
Pintu Dharma ini sungguh menakjubkan tak terbayangkan, sulit dipercaya. Ini merupakan kondisi batin KeBuddhaan, Buddha dengan prajna (kebijaksanaan) Nya yang sempurna mengamati bahwa jodoh para makhluk telah masak, sehingga tanpa ada yang bertanya, dengan sendirinya membabarkan Amitabha Sutra ini.

Setelah kita mendengarnya, membangkitkan sukacita, menerima dan mengamalkannya, ini merupakan pemberkatan dari kewibawaan tekad agung para Buddha Tathagata, ibarat mendapat percikan amerta, jiwa raga terasa nyaman dan bersukacita, terhadap ucapan Buddha takkan ada keraguan sama sekali, menerima secara keseluruhan ajaran dari Buddha, berterimakasih pada budi kebajikan yang tak terhingga dari Bhagava, menerima dan mengamalkannya.

Setelah persamuan usai, merupakan awal dari melatih diri. Diri sendiri harus bergembira, jangan sampai mengabaikan akar kebajikan yang ditimbun oleh diri sendiri selama kalpa yang tak terhingga, jangan pula mengabaikan pemberkatan dari para Buddha, jangan sampai mengabaikan jerih payah Buddha Sakyamuni yang telah membabarkan Pintu Dharma ini kepada kita, juga jangan sampai menyia-nyiakan jerih payah Master Ou Yi yang telah menjelaskan secara terperinci tentang Amitabha Sutra kepada kita, sehingga dengan demikian kita dapat membalas empat budi besar, menolong mereka di tiga alam samsara. Hari ini pembahasan kita telah sempurna. Terima kasih.


Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi



佛說阿彌陀經要解講記
(四十)

《經》佛說此經已。舍利弗。及諸比丘。一切世間。天人阿修羅等。聞佛所說。歡喜信受。作禮而去。

《解》法門不可思議。難信難知。無一人能發問者。佛智鑒機。知眾生成佛緣熟。無問自說。令得四益。如時雨化。故歡喜信受也。身心怡悅。名歡喜。毫無疑貳。名信。領納不忘。名受。感大恩德。投身歸命。名作禮。依教修持。一往不退。名而去。

世尊雖然叫著舍利弗,舍利弗從來沒有答覆一句話,他對於這一樁事一無所知,這才顯示出法門不可思議,難信難知。它是如來圓滿果地上的境界,佛以圓滿智慧照見眾生,機緣成熟,無問自說,說出這部阿彌陀經。我們聽了,如果歡喜信受,是得諸佛如來本願威神的加持,如適時甘霖,身心怡悅,對佛所說一絲毫懷疑都沒有,完全接受佛的教誨,感謝世尊無比的恩德,依教修持。法會散了,乃修行的開始。自己要慶幸,不要辜負自己無量劫的善根,不要辜負諸佛的加持,不要辜負釋迦牟尼佛苦口婆心為我們說出這個法門,也不要辜負蕅益大師詳細解釋的彌陀要解,使我們能夠上報四恩,下濟三苦。今天講到第四十八次,恰好圓滿。謝謝各位。

文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述