Jumat, 30 Oktober 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 18



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 18

Bait Sutra :

          shè     lì        fó                qí       fó       guó    tǔ               
                                                           

chéng jiù      rú       shì      gōng  dé   zhuāng  yán                      
                                                           

Sariputra, Tanah Suci Sukhavati dan segala kewibawaannya terwujud berkat jasa kebajikan dari tekad Buddha Amitabha dan buah hasil melatih diri selama berkalpa-kalpa.


Penjelasan :
Segala kewibawaan di Alam Sukhavati diwujudkan oleh tekad dan pelaksanaan agung Buddha Amitabha. Alam Sukhavati diciptakan oleh Buddha Amitabha, setelah kita ke sana, juga telah membantu sehingga kegemilangan Buddha Amitabha semakin cemerlang, oleh karena hati kita dan hati Buddha merupakan satu kesatuan.

Ajaran Sukhavati menitikberatkan pada hati yang suci, maka itu disebut sebagai “karma suci”. Aliran Sukhavati hanya ada sepatah Amituofo, selain itu sudah tidak ada lagi. Yang lainnya dianggap sebagai jodoh pendukung saja, setiap niat pikiran yang timbul tidak memikirkan diri sendiri, kenyataannya memang tidak ada diri sendiri, segalanya tidak kekal, bukan hanya benda-benda di luar yang tidak bisa kita bawa serta, bahkan raga sendiri saja juga tidak bisa kita peroleh, maka itu niat pikiran yang timbul, segala tindakan, mengerahkan seluruh tenaga dan kekuatan untuk membantu orang banyak supaya menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan.

Jika demi diri sendiri maka akan ada keinginan memperoleh dan takut kehilangan, oleh karena adanya keinginan memperoleh maka akan timbul kerisauan. Meskipun kita tidak sanggup menyerupai Buddha Amitabha, namun kita mengutamakan kepentingan semua makhluk, untuk hal yang satu ini, kita akan menyerupai Buddha Amitabha.

Bagaikan rangkaian bola lampu yang menerangi seisi rumah, kita tidak bisa membeda-bedakan sinar terang tersebut berasal dari bola lampu yang mana, karena sudah berbaur jadi satu. Demikian pula dengan cahaya Buddha Amitabha yang menerangi hingga seluruh pelosok Dharmadhatu.

Siang malam kita melafal Amituofo merupakan latihan utama yang diterapkan dengan hati yang suci dan tulus membantu semua makhluk, memperlakukan orang lain dan makhluk hidup lainnya serta menangani urusan, yang merupakan latihan pendukung.
  
Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi



佛說阿彌陀經要解講記
(十八)

《經》舍利弗。其佛國土。成就如是功德莊嚴。

《解》重重結示。令深信一切莊嚴。皆導師願行所成。種智所現。皆吾人淨業所感。唯識所變。佛心生心。互為影質。如眾燈明。各遍似一。全理成事。全事即理。全性起修。全修在性。亦可深長思矣。

在佛門中稱「導師」是對佛的尊稱,亦稱為「本師」,此處是指阿彌陀佛。極樂世界一切莊嚴是阿彌陀佛的大願大行所成就的。「種智所現」,說明其所以能有如此偉大成就者乃種智所現。佛法講智有三種:第一、一切智,第二、道種智,第三、一切種智。「一切智」是知宇宙萬法之本體,體是空的,相是有的。「道種智」,「種」是種種,現象無量無邊,「道」是道理,宇宙萬有,森羅萬象,什麼道理發生的,什麼過程發展出來的,這些事完全明確的了解,為道種智,道種智是知有。第三種是最圓滿的「一切種智」。前面二智達到究竟圓滿謂之一切種智。所以這一切莊嚴乃是如來果地上究竟圓滿智慧所成的,亦即阿彌陀佛一切種智所現。「皆吾人淨業所感,唯識所變」,極樂世界是阿彌陀佛所造,我們去了之後,也為阿彌陀佛添了一層光彩,因我們的心性與阿彌陀佛的心性是一不是二。故稱「自性彌陀,唯心淨土」。阿彌陀佛煩惱盡,智慧足,我們雖然是凡夫,今天所修的是清淨心,心淨則土淨。所以覺正淨,是佛教的三個門,禪宗由「覺」門入,必須大徹大悟,明心見性,才算有成就。禪宗以外的各宗派,稱為教下,從正知正見入手,依經典的理論方法修正自己對宇宙人生錯誤的看法與想法,教下由「正」門入。淨宗與密宗是由清淨心下手,由「淨」門入。此三乃一而三,三而一。得到一個,其餘兩個也都得到了。修淨土者重在清淨心,所修的稱為「淨業」。淨宗只有一句佛號,此外一無所有。其次是助緣,念念絕不想自己,實際上沒有自己,一切無常,不但身外之物一樣也得不到,連自己的身體也不可得,所以起心動念一切作為均為大眾,用一切能力,幫助大眾離苦得樂。如為自己,必有得失成敗,有所欲求,必有煩惱。如此作雖不能與阿彌陀佛的偉大相比,而我們的願行是為了一切眾生,其氣分與阿彌陀佛相似,實是淨業所感,西方世界固然是阿彌陀佛眾願所成,種智所現,與我們也有密切關係,阿彌陀佛是種智所現,我們是唯識所變。迷的時候叫識,悟了識就變成智。「佛心生心,互為影質」,此即所謂感應道交。佛心是圓滿的智,我們的心雖然是識,而已開始覺悟了,並非完全是識。對於念佛法門還是歡喜接受,並不是全變為智。佛的智是本質,我們帶了智的識是影,如燈下之影。例如眾燈在一室中,光光互射,阿彌陀佛之光,周遍法界,我們這一點螢火之光也周遍法界。「全理成事,全事即理」,西方世界依正莊嚴是事,事一定有理,理是心性,唯心所現,唯識所變。「種智所現」,「種智」就是真心本性,圓滿證得真心本性即是種智,這個是理。「全理成事」,變成西方世界依正莊嚴六塵說法。「全事即理」,把字換一下,理是性,事是相,全性即相,全相即性,性相不二,理事一如,此即一切種智所現。「全性起修,全修在性」,現在正助雙修,依據的理論就是這兩句,用念佛的方法修覺正淨,以淨為主,一而三,三而一。用清淨心真誠心幫助一切眾生,處世待人接物真誠恭敬是助修。我們一天到晚念佛,處世待人都是性德向外流露,末後叫我們深長思之。

《解》奈何。離此淨土。別譚唯心淨土。甘墮鼠即鳥空之誚也哉。初依報妙竟。

此係大師感歎的話,佛門中有些不知道事實真相,對於唯心淨土,自性彌陀,並不十分明白,只是一知半解,好高騖遠,把念佛求生西方,拋在一邊,不肯認真修學而談唯心淨土,自甘墮落,如同老鼠叫,比喻不知妙有,鳥在空中鳴,比喻不知真空妙理,皆屬不切實際。誚音竅,譏誚義。


文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述