Sabtu, 05 Desember 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 36



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 36

Bait Sutra :

          shè     lì        fó       yú     rǔ       yì       yún    hé              
                  弗。                                     

hé      gù      míng  wéi      yí      qiè     zhū    fó       suǒ
                                               

hù      niàn   jīng                      
                       

shè     lì        fó                ruò     yǒu    shàn   nán    zǐ               
「舍                                                       

shàn   nǚ      rén              wén    shì      jīng    shòu   chí    
                                                     

zhě               jí       wén    zhū    fó       míng  zhě             
                                                     

shì      zhū    shàn   nán    zǐ                shàn   nǚ      rén             
                                                           

jiē      wéi     yì      qiè     zhū    fó       zhī     suǒ    
                                               

hù      niàn              jiē      dé      bú      tuì    zhuǎn  yú     
                                    退                 

ā        nòu    duō    luó     sān     miǎo  sān     pú      tí
                                                     

shì      gù      shè     lì        fó                rǔ      děng  jiē
                                               

dāng  xìn     shòu   wǒ     yǔ                 jí       zhū    fó
                                               

suǒ     shuō                     
                       

Sariputra, tahukah anda mengapa sutra ini disebut sebagai sutra yang dilindungi oleh semua Buddha? Sariputra, bila ada putra berbudi dan putri berbudi mendengar sutra ini dan dapat menerima tanpa keraguan, mengamalkannya  selama jangka panjang dan tidak berubah, serta mendengar nama para Buddha di enam penjuru yang telah disebutkan sebelumnya, maka putra dan putri berbudi ini akan memperoleh perlindungan dari seluruh Buddha, takkan mengalami kemunduran batin, pasti dapat mencapai KeBuddhaan. Maka itu Sariputra, kalian seharusnya mendengar, meyakini dan menerima ucapanKu dan ucapan para Buddha di sepuluh penjuru.  





Penjelasan :
Sariputra merupakan siswa utama Buddha Sakyamuni yang terunggul dalam kebijaksanaan. Buddha Sakyamuni bertanya padanya : “Mengapa demikian?” Sariputra tidak sanggup memberi jawaban. Maka itu Buddha menjelaskan padanya, andaikata ada putra-putri berbudi, putra-putri berbudi di sini maksudnya mereka yang akar kebajikan dan berkah kebajikannya telah masak, setelah mendengarnya jadi timbul sukacita, membangkitkan keyakinan mendalam tanpa keraguan, menerimanya dengan setulus hati, membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, praktisi ini merupakan insan yang dilindungi oleh para Buddha, “Semuanya takkan mundur dari Anuttara-samyak-sambodhi”, ini adalah manfaat yang dicapai oleh diri sendiri. Dari kelahiran pada tingkatan Bunga Lotus teratas hingga yang paling rendah, semuanya akan mencapai Anuttara-samyak-sambodhi, tidak ada yang ketinggalan.

Seperti kita menganggap klesa (kekotoran batin) diri sendiri begitu berat, khawatir tidak bisa menyempurnakan Tiga Ketidakmunduran, ini adalah kecurigaan pada diri sendiri, sehingga diri sendirilah yang membuat diri sendiri kehilangan manfaat besar. Harus diketahui bahwa setiap kata dan kalimat yang tercantum di dalam sutra ini sudah penuh dengan kepastian, tidak ada bahasa yang kabur. Dan yang terakhir Buddha Sakyamuni memanggil nama Sariputra : Kalian harus meyakini ucapanKu dan ucapan semua Buddha.

Amituofo adalah nama dari semua Buddha, kebajikan nan sempurna, maka itu melafal sepatah Amituofo adalah serupa dengan melafal nama semua Buddha Tathagata, satu adalah semuanya.

Dengan menggunakan sepatah Amituofo dapat membawa seorang awam yang memiliki rintangan karma yang begitu berat, terlahir ke Alam Sukhavati, dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan. Begitu mendengar nama Buddha, tak peduli memperhatikan atau tidak, percaya atau tidak, benih mencapai KeBuddhaan sudah tertanam ke dalam gudang kesadaran (Alaya-vijnana) nya.

Hati Buddha suci dan setara, tiada perbedaan dan kemelekatan, menyelamatkan semua makhluk dengan adil dan merata, persoalannya hanya terletak pada jodoh yang sudah masak atau belum, takkan mempermasalahkan musuh atau kerabat, seberapa berat dosa yang pernah diperbuat, seperti Raja Ajatasatru, yang telah melakukan Lima perbuatan jahat yang berat (Pancanantariya-Kamma) dan Sepuluh Kejahatan, saat menjelang ajal bertobat menyesali perbuatannya, menfokuskan pikiran melafal Amituofo dan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Buddha Sakyamuni membabarkan di dalam sutra bahwa Raja Ajatasatru terlahir di Alam Sukhavati pada tingkatan Bunga Teratai tingkatan atas bagian menengah, sungguh tak terbayangkan.

Kelahiran di Tanah Suci Sukhavati dapat dibagi atas dua kategori, yang pertama adalah mereka yang dalam kesehariannya memutuskan kejahatan dan menimbun kebajikan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo.  Sedangkan yang satunya lagi adalah pelaku kejahatan yang saat menjelang ajal bertobat dengan setulusnya, juga dapat terlahir di Alam Sukhavati. Tak peduli siapapun juga, meskipun hanya melafal Amituofo, tidak membaca sutra, juga pasti dapat menerima penyelamatan dari Buddha Amitabha, jadi tidak perlu merasa ragu.

Sepatah Amituofo merupakan benih KeBuddhaan, sepanjang hidup dapat mendengar sepatah Amituofo, apabila pada kehidupan ini tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, namun pada masa kelahiran mendatang, terlahir kembali jadi manusia, bertemu lagi dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, benih yang tertanam di Alaya-vijnana muncul ke permukaan, sehingga dapat meyakini, menerima dan mengamalkannya, pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Sutra ini merupakan jerih payah dari Buddha Sakyamuni dan semua Buddha di sepuluh penjuru untuk menasehati dan memberi motivasi kepada kita semuanya, apakah kita boleh tidak meyakininya?

Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi


佛說阿彌陀經要解講記
(三十六)

《經》舍利弗。於汝意云何。何故名為一切諸佛所護念經。舍利弗。若有善男子。善女人。聞是經受持者。及聞諸佛名者。是諸善男子。善女人。皆為一切諸佛之所護念。皆得不退轉於阿耨多羅三藐三菩提。是故舍利弗。汝等皆當信受我語。及諸佛所說。

舍利弗雖為大智,佛問他:「於汝意云何?」舍利弗一句話也答不出來。於是佛對他解釋說,若有善男子善女人,此「善」乃善根福德成熟者,聽了歡喜,深信不疑,誠心接受,發願求生,這種人即為諸佛之所護念,「皆得不退轉於阿耨多羅三藐三菩提」,此是自己果證的利益。從上上品至下下品往生,均能得到,並無例外。如我們認為自己煩惱重,恐怕不能得到圓證三不退,這是懷疑自己,自失善利。應知此經字字句句說的非常肯定,沒有模稜兩可之語。最後佛叫著舍利弗說:你們一定要信受我的話以及一切諸佛所說。

《解》此經獨詮無上心要。諸佛名字。並詮無上圓滿究竟萬德。故聞者皆為諸佛護念。又。聞經受持。即執持名號。阿彌名號。諸佛所護念故。

「獨」是唯獨,明顯的為我們說出無上心要。阿彌陀佛是一切諸佛的名字,圓滿究竟的萬德,「無上心要」即能念的心性,所以念一尊阿彌陀佛即是念一切諸佛如來,一即一切。諸佛因圓果滿,智慧達到究竟,法身、般若、解脫三德,皆達到圓滿,念一句名號,即與圓滿三德起感應道交作用。眾生雖未證得,但是自性本具,與諸佛如來果證的三德相應,所以前邊說,念佛名號把阿彌陀佛的功德變成自己的功德。

《解》問。但聞諸佛名。而未持經。亦得護念不退耶。答。此義有局有通。占察謂。雜亂垢心。雖誦我名。而不為聞。以不能生決定信解。但獲世間善報。不得廣大深妙利益。若到一行三昧。則成廣大微妙行心。名得相似無生法忍。乃為得聞十方佛名。此亦應爾。故須聞已執持。至一心不亂。方為聞諸佛名。蒙諸佛護念。此局義也。通義者。諸佛慈悲。不可思議。名號功德。亦不可思議。故一聞佛名。不論有心無心。若信若否。皆成緣種。況佛度眾生。不簡怨親。恆無疲倦。苟聞佛名。佛必護念。又何疑焉。然據金剛三論。根熟菩薩。為佛護念。位在別地圓住。蓋約自力。必入同生性。乃可護念。今仗他力。故相似位。即蒙護念。乃至相似位以還。亦皆有通護念之義。下至一聞佛名。於同體法性。有資發力。亦得遠因。終不退也。阿耨多羅。此云無上。三藐三菩提。此云正等正覺。即大乘果覺也。圓三不退。乃一生成佛異名。故勸身子等。皆當信受。聞名功德如此。釋迦及十方諸佛。同所宣說。可不信乎。初勸信流通竟。

大師答覆說:此義有局有通,「局」是狹義的,「通」是廣義的。地藏經有三經:(一)為地藏菩薩本願經,流通最廣,(二)地藏菩薩十輪經,以及(三)占察善惡業報經。占察經中有一段話說:雜亂垢心,雖誦我名,而不為聞。此言雜心念佛無功德。雖無功德,但獲世間善報,不得「廣大深妙利益」,此指得定開悟,了生死出三界。「若到一行三昧,則成廣大微妙行心,名得相似無生法忍,乃為得聞十方佛名」。六祖壇經惠能大師重視一行三昧。淨土宗有念佛三昧,其實念佛三昧即一行三昧,亦稱一相三昧。楞嚴經大勢至菩薩開示的標準「都攝六根,淨念相繼」,就是一行三昧,在本經中叫一心不亂。「一心不亂」就是「一行三昧」,也是「念佛三昧」。一心不亂有功夫淺深之別,念到見思煩惱斷了,叫事一心不亂,念到破一品無明,證一分法身,叫理一心不亂。此處所講的境界是剛剛達到理一心不亂,稱之為「廣大微妙行心」,得相似的無生法忍。真正得無生法忍,仁王經上講的很清楚,是七地菩薩,七地以前均稱相似的無生法忍。七地是下品、八地是中品、九地是上品的無生法忍。

再往上十地叫下品寂滅忍,等覺菩薩叫中品寂滅忍,如來果地叫上品寂滅忍。念佛法門亦與此同理,此是局義。至於通義者,乃是諸佛慈悲不可思議,名號功德亦不可思議。用一句「阿彌陀佛」能令業障極重的凡夫一生圓滿成佛。一聞佛名,不論有心無心,若信不信,成佛的種子已經種下去了。佛心清淨平等,無分別執著,普及眾生,只論緣成熟與否,不論怨親,造極惡之罪,如阿闍世王,造五逆十惡,臨命終時懺悔,一心念佛,亦得往生。佛在經中宣說,阿闍世王生到西方,其品位是在上中品,真不可思議。往生有兩種,一為平時斷惡修善,專心念佛。一為業重者臨終真心懺悔,亦得往生。無論何人單單持名,不念經亦必蒙佛護念,不必懷疑。

佛在大乘經中的講法,一般人一定要別教初地以上,圓教初住以上,此皆法身大士才能蒙佛護念。因其破一品無明,證一分法身,其心清淨平等,一切障礙均無,從此以往,心心流入薩婆若海。但本宗不同,靠阿彌陀佛本願威神加持,十方諸佛也跟著加持,若不修這個法門,阿彌陀佛加持不上,其他諸佛也就不管了。讀了要解之後,這句佛號不能不念。至於不到相似位也必定蒙諸佛護念。這一句阿彌陀佛就是成佛的種子,一生中聽到一句阿彌陀佛,但今生未能往生,來生來世,或他生他世,得人身,又遇此法門,在阿賴耶識中之種子起現行,能信能願能行,他也必定往生。

「阿耨多羅,此云無上,三藐三菩提,此云正等正覺」,如用現代話說,即「究竟圓滿的智慧」。圓證三不退,乃一生成佛之異名。此經世尊與十方一切諸佛苦口婆心的都勸我們皆當信受,我們能不相信嗎?


文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述