Kamis, 26 November 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 34A



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 34A

Bait Sutra :


          shè     lì        fó                xià     fāng   shì      jiè              
                                                           

yǒu    shī      zǐ      fó                míng  wén    fó               
                                                     

míng  guāng fó                dá      mó     fó                 fǎ
                                               

chuáng  fó            chí     fǎ       fó                 rú      shì              
                                              

děng héng  hé      shā     shù     zhū    fó                gè
                                              

yú      qí       guó             chū    guǎng cháng shé    xiàng
                                                    

biàn   fù       sān     qiān   dà      qiān   shì     jiè
                                               

shuō   chéng shí      yán            
                             

           rǔ      děng  zhòng shēng dāng xìn     shì      chēng
                                                 

zàn     bù      kě      sī        yì       gōng  dé      yí      qiè
                                               

zhū    fó       suǒ     hù      niàn   jīng                                
                                                     

Di penjuru bawah ada Simha Buddha, Yasas Buddha, Yasahprabha Buddha, Dharma Buddha,  Dharmadhvaja Buddha, Dharmadhara Buddha, dan para Buddha yang jumlahnya bagaikan butiran pasir di Sungai Gangga, masing-masing Buddha berada di NegeriNya sendiri, dengan lidah fasih yang tak terhingga membabarkan Dharma ini, memenuhi tiga ribu maha ribu dunia, menghendaki supaya para makhluk dapat meyakini beragam jasa kebajikan yang tak terbayangkan dari Alam Sukhavati dan sutra yang dilindungi oleh semua Buddha.



Penjelasan :
Di penjuru bawah ada enam urutan nama Buddha, yang mengandung makna mengajari Dharma dan menyelamatkan para makhluk dengan adil dan merata.

Yang pertama adalah Simha Buddha, mengibaratkan Buddha membabarkan Dharma. Simha adalah raja hutan, begitu dia mengaum, seluruh isi hutan akan gemetaran ketakutan. Demikian pula ketika Buddha membabarkan Dharma, seluruh aliran luar dan sesat segera jadi tertaklukkan, maka itu mengibaratkan Buddha membabarkan Dharma sebagai “suara simha”.

Bodhisattva mewakili Buddha membabarkan Dharma, sehingga mendapat gelar sebagai “Pangeran Dharma”. Pangeran Dharma mewakili Buddha membabarkan Dharma, Bodhisattva dalam membabarkan Dharma juga serupa dengan Buddha, juga boleh disebut sebagai “suara Simha”.

Nama Buddha yang berada di urutan kedua adalah Yasas Buddha. Buddha Amitabha dan Bodhisattva Avalokitesvara dikenal oleh masyarakat luas pada umumnya. Bodhisattva mewakili Buddha, Guru para Dewa dan Manusia, memiliki kemampuan untuk membabarkan Dharma kepada semua makhluk. Contohnya Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva Ksitigarbha, Bodhisattva Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra hingga para guru sesepuh dari berbagai aliran, semuanya mewakili Buddha  menyelamatkan para makhluk.

Yang ketiga adalah Yasahprabha Buddha, “prabha” atau cahaya melambangkan kebijaksanaan, yakni membabarkan Dharma sesuai dengan kemampuan pencerapan masing-masing makhluk, suara DharmaNya kedengaran hingga di kejauhan, sehingga seluruh makhluk dapat menghancurkan kesesatan dan tercerahkan, memperoleh manfaat yang sesungguhnya dari Buddha Dharma.

Yang keempat adalah Dharma Buddha, melambangkan pewarisan ajaran, terutama menunjuk pada Aliran Sukhavati, Ajaran Sukhavati diwariskan secara langsung dari Buddha Amitabha, Buddha Amitabha mewariskan Ajaran ini kepada seluruh Buddha.

Ajaran masing-masing aliran adalah diwariskan oleh guru sesepuh secara turun temurun, generasi demi generasi, hanya satu-satunya Aliran Tanah Suci diwariskan secara langsung oleh Buddha Amitabha. Guru sesepuh Aliran Sukhavati merupakan anggota Sangha yang sepanjang hidupnya menfokuskan diri mengamalkan dan menyebarluaskan Ajaran Sukhavati, di kemudian hari para praktisi merekomendasikannya menjadi guru sesepuh Aliran Tanah Suci.

Guru sesepuh Aliran Sukhavati yang pertama di Tiongkok adalah Master Hui-yuan, selanjutnya adalah Master Shan-dao, hingga pada masa pemerintahan Tiongkok Nasionalis, keseluruhan Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ditetapkan ada 13 orang. Mereka ini merupakan anggota Sangha yang telah mengabdikan sepanjang hidupnya untuk menfokuskan diri mengamalkan dan menyebarluaskan Ajaran Sukhavati. Guru Sesepuh Aliran Tanah Suci yang terakhir adalah Master Yin Guang.   

Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi


佛說阿彌陀經要解講記
(三十四)

《經》舍利弗。下方世界。有師子佛。名聞佛。名光佛。達磨佛。法幢佛。持法佛。如是等。恆河沙數諸佛。各於其國。出廣長舌相。遍覆三千大千世界。說誠實言。汝等眾生。當信是。稱讚不可思議功德。一切諸佛所護念經。

《解》此界水輪。金輪。風輪之下。復有下界非非想天等。乃至重重無盡也。達磨此云法。

下方世界舉出六尊佛,代表普度教化之義。第一尊師子佛,喻佛說法。獅子為獸中之王,牠一叫,百獸均被震懾。佛說法一切邪門外道都被降伏,所以將佛說法比喻作獅子吼。菩薩代佛說法,稱為「法王子」。法王子代佛說法,與佛說法無二無別,亦可稱為「獅子吼」。第二尊名聞佛,所謂佛菩薩之知名度,如在中國,家家觀世音,戶戶阿彌陀,眾人皆知。代表人天大師,有能力有智慧教化一切眾生。如觀音、地藏、文殊、普賢乃至各宗派祖師均是代佛行化。第三尊名光佛,「光」表智慧,應機說法,法音遠聞,令一切眾生破迷開悟,得佛法之真實受用,乃實至名歸。第四尊達磨佛,表師承,特別指淨土宗,淨土宗是直接由阿彌陀佛傳下來的,阿彌陀佛傳與諸佛。各宗祖師均是代代相傳,唯獨淨土宗沒有。淨土宗歷代祖師,是某位出家大德,一生對淨土專修專弘,後人推崇他為一代祖師。中國最初從慧遠大師一直到民國,在歷史上專修專弘者共有十三位,最後一位是印光大師,因此淨土宗祖師被人尊稱為「大師」,大師是對佛之尊稱,此為佛學常識。稱呼人不能過份,唯有淨土宗祖師可稱為大師,佛有能力教一切眾生成佛,淨土宗之祖師,師承於佛,也用信願持名,教眾生往生不退成佛,與諸佛的教法完全相同,因同果亦同。所以稱他為大師,一點都不過份。菩薩則稱大士或稱開士、正士,不能稱大師。

文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述