Minggu, 18 Oktober 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 8C



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 8C

“Saat sekarang sedang membabarkan Dharma”. “Saat sekarang” menunjukkan bukan masa lampau atau masa mendatang. Buddha mengamati ketajaman indera makhluk di alam saha, ternyata indera mereka yang paling tajam adalah telinganya. Oleh karena itu selama 49 tahun membabarkan Dharma, Buddha Sakyamuni menggunakan perantara suara untuk membabarkan Dharma. Setelah terlahir di Alam Sukhavati, tabiatnya masih ada, maka Buddha Amitabha juga menggunakan perantara suara untuk membabarkan Dharma kepada makhluk dari alam saha.

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas disebutkan bahwa para makhluk di sepuluh penjuru memiliki ketajaman indera yang berbeda-beda, ada yang indera matanya yang tajam, ada pula yang indera pengecap atau lidahnya yang tajam, seperti Negeri Koki, Tathagata di Negeri Koki memasak hidangan lezat untuk mencerahkan para penghuni di negeri tersebut.

Di Alam Sukhavati, para makhluk yang memiliki ketajaman indera yang berbeda-beda, semuanya juga bisa memperoleh manfaat.

Kalangan Buddhis sering mengatakan kesempatan untuk terlahir menjadi manusia adalah kesempatan yang sulit diperoleh, tetapi kesempatan untuk dapat mendengar Dharma adalah lebih sulit lagi. Usia manusia tidak panjang, usia para Dewa di Alam Surga lebih panjang. Alam Surga tingkat pertama yakni Catur Maharaja Kayika, sehari di Surga Catur Maharaja Kayika adalah 50 tahun waktu alam manusia, batas usia makhluk surga di sini adalah 500 tahun. Jika dihitung maka usia penghuni Surga Catur Maharaja Kayika  adalah sama dengan 9.125.000 tahun alam manusia.

Sehari di Surga Trayastrimsa sama dengan 100 tahun waktu alam manusia, batas usia 1.000 tahun. Jadi usia penghuni Surga Trayastrimsa adalah sama dengan 36.500.000 tahun alam manusia. Usia penghuni Alam Surga yang semakin menuju ke atas adalah semakin panjang, pahala juga semakin besar.

Usia penghuni Neraka juga panjang. Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) sewaktu memberi ceramah di Taichung pernah menyinggung bahwa sehari di Neraka adalah sama dengan 2.700 tahun alam manusia. Negeri Tiongkok memiliki sejarah peradaban sejak 5.000 tahun yang lalu, sedangkan di Neraka hanya lewat dua hari saja. Surangama Sutra menyebutkan bahwa Neraka itu mudah masuk tapi sulit keluarnya, sehingga kita harus lebih meningkatkan mawas diri. Usia di Alam Setan Kelaparan juga panjang, sehari di Alam Setan Kelaparan adalah sama dengan sebulan di alam manusia, batas usia adalah seribu tahun.

Pada permulaan pemerintahan Tiongkok Nasionalis (1912-1949), Tuan Zhang Tai-yan pernah menjabat sebagai Hakim di Alam Baka, setiap malam ada yang menjemputnya ke alam baka untuk menangani kasus, dia pernah bertemu dengan orang-orang yang hidup pada era Dinasti Tang dan Song, bahkan dia sempat juga berdiskusi tentang penulisan artikel dengan mereka. Kisah ini disampaikan oleh menantu laki-lakinya kepada diriku.

Binatang selain bodoh juga berusia pendek serta hati yang sempit, hanya bergerak pada lingkungan hidupnya yang terbatas, melekat bahwa tubuhnya adalah dirinya, setelah mati juga kembali lagi jadi binatang. Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia, saat itu pembangunan Vihara Jetavana sedang berjalan, melihat ada sekelompok semut di permukaan tanah, Buddha Sakyamuni tersenyum sambil berkata : Semut-semut ini meskipun telah melewati era tujuh Buddha tetapi masih juga belum terbebas dari tubuh semut.

Diantara enam alam tumimbal lahir yang dapat menerima Buddha Dharma hanyalah alam manusia, di alam surga terlalu senang, sementara di tiga alam penderitaan terlalu tersiksa, sehingga tidak mudah melatih diri. Di dalam sutra, Buddha membabarkan bahwa untuk menampilkan diri mencapai KeBuddhaan lalu menyelamatkan para makhluk, haruslah dilakukan di alam manusia.

Di alam manusia mendengar Dharma mudah tercerahkan, setelah tercerahkan barulah bisa keluar dari Trailokya (Kamaloka, Rupaloka dan Arupaloka) selamanya terbebas dari tumimbal lahir. Andaikata terlahir sebagai manusia tetapi tidak mendengarkan Buddha Dharma atau masih belum bisa serius melatih diri, maka apa nilainya kehidupan manusia itu.

Kita mendengar ceramah Dharma yang tidak disampaikan secara langsung oleh Buddha Sakyamuni, maka itu belum dapat tercerahkan. Jaman dulu ketika Buddha Sakyamuni secara langsung membabarkan Dharma di dunia, sebelum usai, sudah banyak orang yang telah mencapai tingkatan kesucian. Saat sekarang ada Buddha Amitbha yang sedang membabarkan Dharma di Alam Sukhavati, kesempatan ini ini tidak boleh terlewatkan.       

Buddha Sakyamuni membabarkan di dalam Sutra Usia Tanpa Batas bahwa usia Buddha Amitabha adalah tak terhingga, Beliau muncul mencapai KeBuddhaan di Alam Sukhavati baru 10 kalpa yang silam. Bila pada masa kehidupan ini juga kita terlahir ke Alam Sukhavati, maka kelak di Alam Sukhavati kita menjadi sesepuh atau senior.

Buddha Amitabha adalah “CahayaNya yang paling terunggul, Rajanya Para Buddha”. Jika secara langsung mendengar Buddha Amitabha membabarkan Dharma, mana mungkin takkan mencapai pencerahan. Praktisi terdahulu berkata : “Asalkan dapat bertemu dengan Buddha Amitabha, buat apa merisaukan takkan tercapainya pencerahan”.

Andaikata sudah mengerti maka pasti melepaskan segala kemelekatan, membulatkan tekad melafal sepatah Amituofo, melatih diri sesuai dengan yang tercantum di dalam Amitabha Sutra, dalam satu kehidupan ini pasti dapat bertemu dengan Buddha Amitabha, setelah itu mendengarkan pembabaran Dharma dari Buddha Amitabha, mana mungkin pencerahan takkan tercapai?

Penderitaan di dunia ini terlalu banyak, setiap hal selalu ada rintangan yang bertubi-tubi, hal yang tidak sesuai dengan keinginan selalu ada, sepanjang hidup kita telah mengalaminya, apalagi dalam kondisi masyarakat seperti sekarang ini. Kini kita tahu bahwa di Alam Sukhavati takkan ada penderitaan, hanya menikmati kebahagiaan.    

Lagi pula Buddha berkata, asalkan anda mau mengikuti Buddha Amitabha, maka setiap insan dapat terlahir ke Alam Sukhavati dan hal ini tidaklah sulit. Buddha Amitabha setiap hari membabarkan Dharma di sana, sehingga menyempurnakan pelatihan diri kita, caranya adalah dengan melafal sepatah Amituofo, maka itu melafal Amituofo dikategorikan sebagai pintu pengamalan.

Keyakinan, tekad dan pengamalan telah berhasil, terhadap fakta ini takkan timbul keraguan, memiliki tekad yang bulat, dapat melepaskan segala kemelekatan di dunia ini, melafal Amituofo siang malam tanpa terputus, pasti terlahir ke Alam Sukhavati, bertemu Buddha Amitabha dan mendengar pembabaran DharmaNya, barulah niat hati jadi sempurna.

Amitabha Sutra tidak banyak memuat kata-kata namun mengandung makna yang sempurna.
  
Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi



佛說阿彌陀經要解講記
(八)


《解》今現在說法者。簡上依正二有。非過去已滅。末來未成。正應發願往生。親覲聽法。速成正覺也。復次。二有現在。勸信序也。世界名極樂。勸願序也。佛號阿彌陀。勸持名妙行序也。復次。阿彌序佛。說法序法。現在海會序僧。佛法僧同一實相。序體。從此起信願行。序宗。信願行成。必得往生。見佛聞法。序用。唯一佛界為所緣境。不雜餘事。序教相也。言略意周矣。初序分竟。

此段解文說明西方極樂世界佛與大眾在作什麼。「今」指今世,非過去非未來。佛觀察世間眾生根機,說我們耳根最利。文殊菩薩在楞嚴會上揀選圓通說:「此方真教體,清淨在音聞。」我們無始劫來,從來沒有能力超越六道輪迴。娑婆世界眾生耳根最利,因此佛在世四十九年都是用音聲講經說法。眾生生到西方,習氣仍在,阿彌陀佛也是用說法教化眾生。大經中說十方眾生根性不同,有的眼根利,也有的舌根利,如香積國,以香飯作佛事。西方世界是六塵說法,任何根性者均能得益。

佛家常說,人身難得,佛法難聞。六道中人的壽命不長,天道壽長。天上第一層是四王天,四王天一天是人間五十年,其壽命為五百歲。如此計算,四王天天人壽命合人間九百一十二萬五千年。忉利天一天是人間一百年,壽命一千歲。忉利天人壽命合人間三千六百五十萬年。愈往上天人壽命愈長,福報亦愈大。地獄的壽命亦長。李老師在台中慈光講座所編佛學十四講中曾提到地獄的一天合人間二千七百年。中國號稱有五千年歷史,而在地獄只過了兩天。楞嚴經講地獄特詳,易進難出,令我們有所警覺。餓鬼道的壽命亦長,鬼道一天是人間一月,其壽數千歲。民國初年國學大師章太炎先生曾作過東嶽大帝的判官,每晚到陰曹去判案,曾見到唐宋時代的人,並與他們討論文章。這是他的女婿朱鏡宙老居士告訴我的。畜生愚痴,命短心量小,局限於牠的生活小範圍,執著牠的身就是牠自己,死後依舊受畜生身。佛世時建造祇樹給獨孤園,佛在地上看到一窩螞蟻,佛就笑著說:這一窩螞蟻曾經歷七尊佛仍未脫離蟻身。六道中能接受佛法者只有人道,天上快樂,三惡道太苦,均不易學道。佛在經中說,人身最可貴,示現成佛度眾生一定在人道。人道聞法容易覺悟,悟後即能超出三界,永脫輪迴。如得人身而未能遇佛聞法,或聞而未能認真修學,人生有何可貴。我們聞法並非佛直接對我們說的,故聞了未能開悟。佛當年講經,一部經未講完已有多人開悟證果的。現在聽說阿彌陀佛在西方正在說法,機會難得。

世尊在無量壽經中說,阿彌陀佛的壽命是無量壽,他在西方示現成佛只有十劫,我們若去了,將來在西方是元老階級。阿彌陀佛是「光中極尊,佛中之王」。如親自聽阿彌陀佛說法,焉有不開悟的道理。古人說:「但得見彌陀,何愁不開悟。」如真明白了,一定萬緣放下,死心蹋地念一句佛號,依照彌陀經的方法修學,這一生決定見佛,見佛之後常隨佛學,焉有不成就的道理?

復次,「二有現在」,此四字是勸信,「世界名極樂」是勸願。世間苦難太多,事事障礙重重,不如意事常八九,這一生體驗中,尤其在現代社會中確實如此。如今知道西方極樂世界之所在,無有眾苦,但受諸樂。而且佛說,只要你肯去,人人可去並不難。「佛號阿彌陀,勸持名妙行序也」。阿彌陀佛天天在那裡說法,能成就我們的學業道業,方法只念一句佛號,所以佛號排在行門。「復次,阿彌序佛,說法序法,現在海會序僧」。此節解文配在佛法僧三寶上。佛法僧同一實相,實相是真心本性。十法界依正莊嚴都是真心變現出來的,唯心所現,唯識所變。由前面理論事實生起信心願心,執持名號,求願往生,是本經的宗旨,亦即佛說本經之用意所在。信願行成就,對此事實絕無疑惑,有強烈願望,能捨棄身心世界,佛號二六時中不斷,必定往生,見佛聞法,心願就圓滿了。世尊講一切經論,內容深廣,有事理性相,心所緣者甚廣。此法門只緣一位阿彌陀佛,除此之外,一切不攀緣,不雜餘事,無比的清淨。從教學上說,任何教誡皆不能與此相比,言語不多而意義周圓。至此序分說竟,以下是正宗分。


文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述