Minggu, 18 Oktober 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 8A



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 8A

Bait Sutra :


ěr       shí      fó     gào    zhǎng  lǎo     shè     lì       fó
      時,                                           
                     
          cóng  shì      xī       fāng   guò   shí      wàn    yì      
                  西      方,                         

fó       tǔ       yǒu   shì      jiè      míng  yuē    jí        lè               
                                         

qí       tǔ       yǒu    fó                hào    ā        mí      tuó             
                                                           

jīn      xiàn   zài      shuō   fǎ                         
                                                   

Pada waktu itu Buddha Sakyamuni memberitahu Sesepuh Sariputra. Dari penjuru Barat melewati sepuluh triliun alam Buddha, ada sebuah alam yang disebut sebagai Alam Sukhavati. Di sana ada Buddha yang bernama Buddha Amitabha, saat sekarang sedang membabarkan Dharma.


Penjelasan :
Bait sutra ini mengungkapkan tiga fakta yaitu :
1.   Dari alam saha menuju penjuru barat, melewati sepuluh triliun alam Buddha ada sebuah Alam Sukhavati. 
2.   Di alam tersebut ada Buddha Amitabha 
3.   Buddha Amitabha saat sekarang sedang membabarkan Dharma di sana.

Pintu Dharma Tanah Suci sungguh merupakan Dharma yang sulit dipercaya. Di dalam sutra Buddha dikatakan bahwa “tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan, sebab dan kondisi, barulah dapat terlahir di Negeri Buddha Amitabha”.

Praktisi yang memiliki kebijaksanaan yang tinggi, akar kebajikan dan berkah kebajikannya sempurna, bisa langsung menerima, membangkitkan keyakinan mendalam tanpa keraguan sama sekali.

Semua makhluk tak peduli pintar atau bodoh, Pintu Dharma Tanah Suci akan merangkul semuanya dengan setara sehingga mencapai KeBuddhaan. Contohnya yang akar kebijaksanaannya paling teratas, Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra yang merupakan calon Buddha, sedangkan yang akar kebijaksanaannya paling terendah adalah para makhluk yang telah melakukan “Lima perbuatan jahat yang berat”, yang segera akan jatuh ke Neraka Avici, juga mempunyai kesempatan.

Sutra lainnya menyelamatkan makhluk dengan tidak setara. Umpamanya Avatamsaka, Avatamsaka hanya bisa menyelamatkan makhluk yang memiliki akar kebijaksanaan tinggi. Sedangkan makhluk yang akar kebijaksanaannya berada di level menengah dan rendah tidak mempunyai kesempatan. Hanya Pintu Dharma Pelafalan Amituofo yang merangkul semuanya, baik yang memiliki akar kebijaksanaan rendah, menengah maupun yang tinggi.

Di dalam “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas” karya Upasaka Huang Nian-zu, tercantum bahwa Avatamsaka Sutra merupakan sutra terunggul, tetapi oleh karena pada akhirnya “Sepuluh raja tekad Bodhisattva Samantabhadra” menuntun semua makhluk pulang ke Alam Sukhavati barulah sempurna. Dengan demikian maka Sutra Usia Tanpa Batas berhasil melampaui Avatamsaka Sutra, Sutra Usia Tanpa Batas barulah merupakan sutra terunggul, menurunkan peringkat Avatamsaka Sutra.

Sutra Usia Tanpa Batas dihimpun oleh Upasaka Xia Lian-ju dari lima versi terjemahan. Sutra Usia Tanpa Batas yang dihimpun oleh Upasaka Xia Lian-ju terdiri dari 48 bab dengan bab ke-6 sebagai bab yang terunggul, dan diantara 48 tekad maka tekad-18  sebagai yang terunggul.

Buddha Sakyamuni membabarkan Amitabha Sutra adalah menjelaskan tekad ke-18, tekad ke-18 mengenai sepuluh lafalan pasti terlahir ke Alam Sukhavati. Dari sini dapat diketahui bahwa jasa kebajikan dari nama Buddha Amitabha sungguh tak terbayangkan. Oleh karena itu bagi mereka yang membangkitkan keyakinan hati dengan setulusnya, merupakan insan yang memiliki akar kebajikan dan berkah kebajikan yang besar.

Melafal sepatah Amituofo ini akan terjalin dengan Buddha Amitabha, membangkitkan keyakinan secara mendalam pada sepatah Amituofo telah tercakup di dalamnya sila, samadhi dan prajna.

Menfokuskan pikiran melafal Amituofo tanpa timbul satupun bentuk-bentuk pikiran, merupakan “Janganlah berbuat jahat”. Sepatah Amituofo mengandung jasa kebajikan yang tak terhingga didalamnya, merupakan “Perbanyaklah kebajikan”, sila Bodhisattva Mahayana jadi sempurna.

Menfokuskan pikiran melafal Amituofo, menfokuskan pikiran itu adalah samadhi, samadhi jadi sempurna. Membangkitkan keyakinan dan mengikrarkan tekad melafal Amituofo merupakan prajna terunggul, prajna jadi sempurna. Praktisi terdahulu mengatakan bahwa ini merupakan jalan terdekat menuju pencapaian KeBuddhaan.

Bila Aliran Mahayana dibandingkan dengan Aliran Theravada, maka Aliran Mahayana lebih dekat pada pencapaian KeBuddhaan. Bila Aliran Mahayana dibandingkan dengan Aliran Dhyana, maka Aliran Dhyana lebih dekat lagi. Bila Aliran Dhyana dibandingkan dengan Aliran Sukhavati, maka Aliran Sukhavati merupakan jalan yang paling dekat dengan pencapaian KeBuddhaan.

Di dalam sutra dikatakan bahwa sehari hingga tujuh hari dapat terlahir ke Alam Sukhavati, di dalam “Kisah-kisah para praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati”, banyak terdapat perumpamaan ini. Ini membuktikan bahwa apa yang tercantum di dalam sutra adalah nyata adanya. Setelah mengerti akan teorinya, begitu mendengar langsung percaya, melatih diri sesuai dengan Dharma, takkan ada keraguan sama sekali, akar kebijaksanaan orang ini adalah berada di atas Bodhisattva.

“Penjuru Barat” adalah menunjukkan arah tempat beradanya Alam Sukhavati, berjarak dari alam saha tempat hunian kita sejauh sepuluh triliun Alam Buddha. Kelihatannya amat jauh, tetapi sesungguhnya saat menjelang ajal, Buddha Amitabha datang menjemput, terlahir ke Alam Sukhavati merupakan persoalan yang hanya sekejab mata, jadi tidak perlu mengkhayalkannya.

Ketika Master Kumarajiva menerjemahkan Amitabha Sutra ke dalam Bahasa Mandarin, terpikir bahwa kita adalah orang awam yang membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, perasaan duniawi masih belum bisa dilenyapkan, sulit untuk tidak merindukan keluarga. Insan yang terlahir Alam Sukhavati memiliki Mata Dewa yang dapat melihat tanpa rintangan, Telinga Dewa yang dapat mendengar tanpa rintangan, dapat melihat dan mengetahui sanak keluarganya terlahir atau jatuh di alam mana. Jika ingin menjaga dan melindungi mereka, maka dalam waktu sekejab saja sudah dapat kembali ke alam saha.

Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi



佛說阿彌陀經要解講記
(八)

《經》爾時。佛告長老舍利弗。從是西方。過十萬億佛土。有世界名曰極樂。其土有佛。號阿彌陀。今現在說法。

此段經文提出三項事實:(一)從娑婆世界往西方去,經十萬億佛國土有一個極樂世界。(二)其土確有一位阿彌陀佛。(三)阿彌陀佛現在正在那邊說法。

《解》淨土法門。三根普攝。絕待圓融。不可思議。圓收圓超一切法門。甚深難信。故特告大智慧者。非第一智慧。不能直下無疑也。西方者。橫亙直西。標示現處也。十萬億者。千萬曰億。今積億至十萬也。佛土者。三千大千世界。通為一佛所化。且以此土言之。一須彌山。東西南北各一洲。同一日月所照。一鐵圍所繞。名一四天下。千四天下。名小千世界。千小千。名中千世界。千中千。名大千世界。過如此佛土。十萬億之西。是極樂世界也。問。何故極樂在西方。答。此非善問。假使極樂在東。汝又問何故在東。豈非戲論。況自十一萬億佛土視之。又在東矣。何足致疑。有世界名曰極樂。序依報國土之名也。豎約三際。以辨時劫。橫約十方。以定疆隅。故稱世界。極樂者。梵語須摩提。亦云安養。安樂。清泰等。乃永離聚苦。第一安穩之謂。如下廉釋。然佛土有四。各分淨穢。凡聖同居土。五濁重者穢。五濁輕者淨。方便有餘土。析空拙度證入者穢。體空巧度證入者淨。實報無障礙土。次第三觀證入者穢。一心三觀證入者淨。

淨土法門確為甚深難信之法。佛在本經中說:「不可以少善根福德因緣,得生彼國。」大智慧者善根福德圓滿具足,能直下承當,深信不疑。一切眾生無論什麼根性,淨土法門都能包容使其成就。如上上根文殊普賢等覺菩薩,下至五逆十惡就要墮阿鼻地獄眾生都有份。其他經典度脫對象不等。如華嚴、法華只能度上上根人,下中輩無份。阿含經度中下根人,上上根不契機。惟此經三根普被,絕待圓融。祖師們所說,一句「阿彌陀佛」具足了四句宗旨。第一是唯心為宗。所有一切大小乘經典皆是唯心為宗。第二是唯佛為宗。此佛即指阿彌陀佛,只要稱念阿彌陀佛即能成就。第三是絕待圓融為宗。如華嚴、法華可以當之,本經亦不例外,大乘中之大乘,一乘中之一乘。第四是超情離見為宗。

從古德所說之宗旨觀之,乃知此法門超出一切大經大論,根據歷代祖師大德觀察所得的結論大致不差。黃念祖老居士在無量壽經解中所引用隋唐古德所說,一切圓收圓超經典以華嚴為第一,華嚴到最後普賢菩薩十大願王導歸極樂,才算圓滿。華嚴與無量壽經比,以無量壽經為第一,把華嚴比下去了。無量壽經是夏蓮居老居士集五種原譯本之大成,內分四十八章,以第六章四十八願為第一,在四十八願中,古德公認第十八願為第一。佛說阿彌陀經就是解釋第十八願,十八願說十念必生。由此可知名號功德不可思議。由此生起真誠信心,乃是有大善根大福德者。念這一句佛號就與阿彌陀佛感應道交,深信一句佛號包括戒定慧三學。一心執持名號無一雜念,即是諸惡莫作。一句佛號無量功德均在其中,即是眾善奉行,大乘菩薩戒具足了。一心稱念,一心是定,定學具足了。信願持名是第一智慧,慧學具足了。此三學是究竟圓滿的三學。古德說,此是修學成佛最近的路。大乘與小乘比,大乘走近路,大乘法門與禪宗比,禪又超近。禪與淨相比,淨又更近。經中說一日至七日即能往生,在往生傳及淨土聖賢錄中不乏其例。證明經中所說真實不虛。道理明白,一聽就相信,如法修持,並不懷疑,此人的根性在菩薩之上。

「西方」是標示極樂世界現在的處所,距離我們娑婆世界有十萬億佛土。看似遙遠,其實臨終時佛來接引,往生乃剎那間事,不必再打妄想。羅什大師譯此經時,顧念我們都是帶業之人,凡情未斷,難免有想家時候。西方人天眼洞視,天耳徹聽,可以看到家親眷屬在那一道。如欲照顧他們,剎那間即可返回娑婆世界。
  

文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述