Kamis, 15 Oktober 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 04



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 4

Bait Sutra :

jiē      shì      dà     ā        luó     hàn
                                   
         
zhòng suǒzhī         shì               
                             

semuanya telah mencapai Arahat, seperti yang sudah dikenal oleh masyarakat luas :



Penjelasan :
Para pengikut setia ini semuanya telah mencapai Arahat. Arahat memiliki tiga makna yakni yang pertama adalah “Yang harus menerima persembahan”. Yang seharusnya menerima persembahan dari para makhluk. Sebelum mencapai tingkatan kesucian, mereka akan mengemis makanan untuk memelihara jiwa raga dan mengemis Dharma untuk memelihara jiwa kebijaksanaannya. Jiwa raga diperoleh dari ayahbunda, jiwa kebijaksanaan diperoleh dari guru. Setelah berhasil mencapai kesucian maka dia harus menerima persembahan.    

Makna yang kedua adalah membunuh pencuri. Ada orang yang setelah membaca butir kedua ini jadi heran, padahal sila yang paling utama dari Ajaran Buddha adalah tidak membunuh, tetapi kenapa Arahat malah membunuh pencuri. Yang dimaksud pencuri di sini adalah klesa (kekotoran batin). Kekotoran batin ini telah menghalangi kebijaksanaan dan kebajikan dari Jiwa Sejati, maka itu disebut sebagai pencuri.  

Makna yang ketiga adalah mengakhiri tumimbal lahir. Selamanya memasuki Nirvana, takkan lagi mengalami penderitaan samsara. Makhluk enam alam tumimbal lahir masih mengalami penderitaan samsara, siksaan ini tak terlukiskan dengan kata-kata, sementara diri sendiri juga tak berdaya menuntaskan persoalan hidup mati ini, maka itu Buddha muncul ke dunia ini mengajari bagaimana agar bisa keluar dari Triloka (Kamaloka, Rupaloka dan Arupaloka).

Buddha Sakyamuni muncul di dunia ini membabarkan Dharma, penampilanNya tiada berbeda dengan manusia biasa, dilahirkan ayahbunda, memperoleh pendidikan yang baik, lalu meninggalkan keduniawian dan mencapai KeBuddhaan, lalu berkelana ke berbagai kawasan untuk membabarkan Buddha Dharma. Tetapi oleh karena banyak wilayah yang membutuhkan penyebaran Buddha Dharma, sehingga siswa-siswaNya menyebar ke berbagai tempat untuk menyebarkan Buddha Dharma, sehingga sebagian besar menjadi akrab dan dikenal oleh masyarakat luas.       


Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi



佛說阿彌陀經要解講記
(四)

《經》皆是大阿羅漢。眾所知識。

《解》阿羅漢亦含三義。一應供。即乞士果。二殺賊。即破惡果。三無生。即怖魔果。復有慧解脫。俱解脫。無疑解脫。三種不同。今是無疑解脫。故名大。又本是法身大士。示作聲聞。淨土證此不思議法。故名大也。從佛轉輪。廣利人天。故為眾所知識。

他們這些常隨眾皆是大阿羅漢,此「大」字指大乘阿羅漢,「阿」譯為「無」,「羅漢」譯為「學」,稱為「無學」,即「畢業」義。小乘見思煩惱斷了即稱無學。大乘到十地法雲地就學完,亦稱無學。再上去即等覺菩薩,後補佛,亦稱補處菩薩。

「比丘」是阿羅漢的因地,羅漢是果地。阿羅漢亦含三義:(一)應供。應當接受大眾的供養,在因地道德學問未成熟時,乞食維持自己的生命,乞法滋養自己的慧命。生命得之於父母,慧命得之於老師。果地上圓滿之後即堪受供養。(二)殺賊。有人看到此條,認為佛教第一條戒是不殺生,而羅漢則殺賊。此係方豪先生所說,他是天主教神父,政大文學院院長,與我住鄰居。有一天他向我提出這個問題,他不知道此「賊」為「煩惱賊」。見思、塵沙、無明三種煩惱障礙自性中之智慧德能,稱之為賊。(三)無生。永入涅槃,不再受生死果報。六道凡夫有生死輪迴,苦不可言,自己無能力解決此一了生死問題,所以佛為一大事因緣出現於世,芸芸眾生中有一部份人想了生死,佛即教其出離三界之道。

「阿羅漢」復有淺深不同,分三大類:(一)藏教阿羅漢。修行依四念處,觀身不淨,觀受是苦,觀心無常,觀法無我。此為宇宙人生觀,屬小乘法。大乘法亦不離此,故四念處通大小乘。天台宗講的非常詳細,依藏、通、別、圓解釋四種四念處,故三十七道品皆通大小乘。(二)俱解脫羅漢。大乘法中修學禪定,能伏煩惱,用很深禪定可斷煩惱。四禪八定叫世間禪定。小乘羅漢的功夫修到九次第定,即超出三界。(三)無疑解脫羅漢,其定功智慧境界,非前二種可比,此種人皆大開圓解,一切疑難問題均能解答,故稱「無疑」,乃法身大士。

一佛出世,千佛擁護。釋迦一人作主角,還得有配角,配角中很多古佛再來,佛佛道同,互相擁護,絕無名份之爭。一切為眾生,破迷開悟,離苦得樂。「法身大士」通指破一分無明,證一分法身者,別教初地菩薩以上,圓教初住以上。本經屬圓教,與華嚴、法華同。法身大士有四十一個階級,十住、十行、十迴向、十地、等覺。示現作聲聞或國王大臣,如波斯匿王、祇陀太子、給孤獨長者都是法身大士變現的,來表演的,凡夫作不到。佛說不思議法,這些人來作證,幫助佛來轉法輪。佛教的標誌最常見的有三種,輪是圓滿的象徵,蓮花表清淨,卍字表吉祥。佛法講的是真理,即諸法實相。真相非空非有,輪的周是有而心找不到,顯示空有不二,空有一如。輪的作用是要轉動。轉法輪有三義:(一)輪有摧碾義,如壓路機,喻佛法能把心地煩惱壓平。(二)輪有運載義,能把眾生由生死道路運到不生不滅的涅槃境界。我們修淨土法門,可以把我們由五濁惡世運載到西方極樂世界。(三)輪有圓滿義,輪有輻有軸有周。

釋迦佛當年示現於此世界,在跡象上與人無兩樣,也是父母所生,受良好教育,出家修行證道,然後赴各地弘法。但各地區皆需要佛說法講道。佛有很多弟子,有學問,有道德,赴各地助佛弘化,為一般大眾所熟識。


文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述