Sabtu, 17 Oktober 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 07



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 7

Bait Sutra :

jí        shì      tí     huán    yīn      děng           wú     liàng 
                                                     

zhū    tiān    dà   zhòng    jù                                   
                                                       
Hadir juga Raja Sakra dan para Dewa lainnya yang tak terhingga.


Penjelasan :
Raja Sakra adalah raja Surga Tavatimsa, yakni surga tingkat kedua dari Kamaloka. Masyarakat Tionghoa menyebutnya sebagai Kaisar Giok atau Tuhan. Untuk mencapai alam yang lebih tinggi daripada Surga Tavatimsa dibutuhkan ketrampilan samadhi.

Bila berhasil melatih samadhi maka bisa terlahir di empat tingkatan Alam Jhana (Alam Jhana tingkatan 1, 2, 3, 4) di Rupaloka. Jika ketrampilan samadhi tidak mencukupi, maka hanya bisa mencapai Surga Yama, Surga Tusita, Surga Nirmaṇarati dan Surga Parinirmita-vasavartin.

Jika ingin terlahir di empat tingkatan Alam Jhana, selain samadhi harus berhasil, juga harus mengamalkan Catvāri apramāṇāni yaitu maitri, karuna, mudita dan Upeksa, barulah dapat terlahir ke Rupaloka.

Para Buddha dan Bodhisattva akan menuju ke alam dimana jodoh para penghuninya telah masak, untuk membabarkan Dharma kepada mereka. Di setiap alam, tak peduli alam penderitaan maupun alam bahagia, ada Buddha dan Bodhisattva yang mengajar Dharma di sana, kecuali empat tingkatan alam Arupaloka, yang tidak sudi menerima Buddha Dharma, mereka mengira diri mereka telah mencapai Parinirvana.

Mengapa Aliran Tanah Suci disebut sebagai “Pintu Dharma nan Menakjubkan”?  Yang menakjubkan dari Pintu Dharma ini adalah metodenya praktis dan mudah, asalkan dapat membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, tak peduli paham atau tidak, semuanya memperoleh keberhasilan. Jika tidak sanggup memahami teorinya, asalkan membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, maka ketrampilan melatih diri yang dicapai adalah setara.

Maka itu Pintu Dharma ini menyelamatkan semua makhluk dengan merata, dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan, inilah yang disebut dengan menakjubkan. Kita memilih Pintu Dharma ini adalah serupa dengan Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra, metode pelatihan diri juga serupa, terlahir ke Alam Sukhavati dan mencapai KeBuddhaan, tentu juga adalah serupa.

Pintu Dharma ini sangat menakjubkan, bukan hanya orang awam, bahkan Mereka yang memiliki kebijaksanaan terunggul, Sariputra dan Bodhisattva Manjusri juga tak terpikirkan keluar untuk mengajukan pertanyaan. Buddha Sakyamuni membabarkan sutra bila ada yang bertanya, tetapi Pintu Dharma ini sungguh mendalam, siapapun juga tak terpikir.

Maka itu Buddha Sakyamuni mengamati bahwa jodoh para makhluk telah masak, tidak perlu ada siswaNya yang bertanya, dengan sendirinya membabarkan Pintu Dharma ini. Ketika mencapai penerangan sempurna di bawah Pohon Bodhi, sebenarnya Buddha Sakyamuni sudah ingin membabarkan Pintu Dharma ini kepada orang banyak. Tetapi pada waktu itu jodoh para makhluk masih belum masak, maka itu terlebih dulu memulai membabarkan Ajaran Theravada.

Setelah jodoh masak, tak perlu ditanya, membabarkan sendiri. Sekarang Buddha Sakyamuni akan memperkenalkan bahwa di penjuru Barat ada Alam Sukhavati dan Buddha Amitabha. Para makhluk yang mendengarnya membangkitkan hati sukacita, mengikrarkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati. Setelah mendengarnya, melafal Amituofo sehingga akar kebajikan dan berkah kebajikan jadi sempurna, terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.

Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi


佛說阿彌陀經要解講記
(七)

《經》及釋提桓因等。無量諸天大眾俱。

《解》釋提桓因。此云能為主。即忉利天王。等者。下等四王。上等夜摩。兜率。化樂。他化。色。無色。無量諸天也。大眾俱。謂十方天人。八部修羅。人非人等。無不與會。無非淨土法門所攝之機也。通序竟。

「釋提桓因」譯為「能為主」,即忉利天王,欲界第二層天,三十三天之天主,又名帝釋天,中國人俗稱玉皇大帝。其他宗教所說天主,即是忉利天王。我們細心觀察各宗教的典籍,以及其理論修行方法,似乎都離不開忉利天,再往上必須有禪定工夫,修清淨心。假如禪定修成功即生到色界四禪天。如有禪定基礎而未修成功謂之「未到定」,只能生到夜摩天、兜率天、化樂天、他化自在天。若想生四禪天,除禪定外,尚須修四無量心—慈悲喜捨,才能生到色界。諸佛菩薩何處緣熟即到何處教化眾生,三途中及諸天均有佛菩薩講經說法。唯四空天不接受佛法,他們以為已證大涅槃。如果說其他宗教排斥佛教,乃是暫時的,他如生天,將來與其天主均蒙佛菩薩教化,日後仍會學佛。上從等覺下至地獄眾生均為淨土法門所攝,九法界平等修行,平等成佛。佛四十九年說法,唯此一經為普被三根,利鈍全收。到此通序中之證信序講完,以下是發起序,亦稱別序。
  

《解》發起序也。淨土妙門。不可思議。無人能問。佛自倡依正名字為發起。又佛智鑒機無謬。見此大眾。應聞淨土妙門。而獲四益。故不俟問。便自發起。如梵網經下卷。自倡位號云。我今盧舍那等。智者判作發起序。例可知也。

淨土為何稱之為「妙門」?知其妙之所在,才能體會其殊勝。妙在方法簡單,只要能老實念佛,不管懂不懂,皆有成就。把理論搞清楚,念佛謂之理念;如不懂,只老實念下去謂之事念。工夫平等,所以這個法門普度一切眾生,一生平等成佛,此之謂妙。我們選擇這個法門與文殊普賢菩薩相同,修行方法也一樣,生到西方所得的果位當然也相同。

此法門至為深妙,不但普通人問不出來,大智舍利弗乃至智慧第一法王子文殊菩薩也問不出來。佛說法要有人啟請,這個法門太深了,誰也想不到。所以佛觀察與會大眾機緣成熟,不需弟子啟請,自動宣說這個一生圓滿成佛的法門,在十二分教中稱為「無問自說」。佛在菩提樹下,夜睹明星,圓成佛道時,他就想把這個法門向大家宣說。但在當時眾生機緣未熟,所以先從大小乘經教說起。俟機緣成熟,不問自說,使眾生獲四種利益,稱之為「四悉檀」。「悉」是「普遍」,「檀」是「施與」。(一)世界悉檀。把世間一切事實真相向眾生宣布,令其生信樂之心。佛法首先必須令眾生生歡喜心,如不能使眾生和睦相處,必導致社會不安,故佛法以世間利益為第一。(二)為人悉檀。觀察眾生機緣,對機說法,得生善利。如今天的大病缺乏倫理道德,社會不安。為其說四維八德,使眾生起善願善行。(三)對治悉檀。說法對治眾生的毛病,使其斷惡。(四)第一義悉檀。前三種屬世間法,第四種屬出世間法,使眾生悟道證果。

現在佛介紹西方確有極樂世界,也確實有阿彌陀佛。眾生聽了生歡喜心,發願求生,此為世界悉檀。聽了之後,執持名號,善根福德圓滿現前,得到生善的利益,即是為人悉檀。以真誠恭敬之心,晝夜不斷念一句佛號,身口意惡業不起現行,把煩惱壓下去即是對治悉檀。念佛念到工夫成片,生西有把握,想何時去,就何時去,可以生死自如,即第一義悉檀。

下面一段經文「爾時佛告長老舍利弗。從是西方,過十萬億佛土。有世界名曰極樂。其土有佛,號阿彌陀,今現在說法。」蕅益大師判為發起序,乃大師獨到之見。古來大德均判為正宗分,但大師也有例可援。他說隋朝智者大師註解梵網經菩薩戒本,將前面偈頌判作發起序,這是他的根據,也是大師謙虛之表示。中國出家人受菩薩戒均以梵網經戒本為依據。台灣近年來亦有用優婆塞戒經中之瓔珞戒本,比梵網經戒少,只有六重二十八輕。前面有四句偈:「我今盧舍那,方坐蓮華臺,周匝千華上,復現千釋迦。」智者大師把這段經文判作序分。佛未經啟請就把自己地位名號說出來,與此處經文的例子很接近,判作發起序。


文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述