Jumat, 30 Oktober 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 19



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 19

Bait Sutra :

           shè    lì        fó       yú     rǔ       yì       yún    hé              
                  弗。                                     

bǐ       fó       hé      gù      hào    ā        mí      tuó                       
                                                           

Sariputra, mengapa Buddha di Alam Sukhavati itu bernama Buddha Amitabha?



Penjelasan :
Buddha Sakyamuni khusus menunjukkan kepada para makhluk bahwa melafal nama Buddha Amitabha sempurna menakjubkan, mengapa disebut sempurna menakjubkan?

Yang pertama, hanya melafal sepatah Amituofo, sungguh praktis dan mudah, 84 ribu Pintu Dharma tidak ada yang lebih mudah darinya. Sepatah Amituofo dapat membawa para makhluk melampaui Triloka mengakhiri tumimbal lahir.

Yang kedua, seperti yang tercantum di dalam Sutra Usia Tanpa Batas, sepuluh lafalan bahkan hanya satu lafalan saja sudah bisa terlahir ke Alam Sukhavati, ini  sungguh sempurna menakjubkan.

Yang ketiga adalah dengan terlahir ke Alam Sukhavati menyempurnakan Tiga Ketidakmunduran. Jika ditanya mengapa hanya melafal beberapa patah Amituofo sudah bisa menyempurnakan Tiga Ketidakmunduran? Jawabannya adalah jasa kebajikan dari sepatah Amituofo sungguh tak terbayangkan, sepatutnya membangkitkan keyakinan mendalam bahwa sepatah Amituofo memiliki kebajikan yang tak terbayangkan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, jangan ada keraguan sama sekali.

Kita begitu beruntung dalam kehidupan ini dapat bertemu dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, dan apakah bisa berhasil atau tidak, terlahir ke Alam Sukhavati, kuncinya terletak pada apakah dapat mengamalkan “menfokuskan pikiran melafal Amituofo, jangan ada keraguan sama sekali”. Sebait ajaran ini jika dapat diamalkan maka tiada satupun yang tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Amituofo berasal dari Bahasa Sansekerta, Amita artinya cahaya tanpa batas, A adalah tanpa, Mita artinya cahaya. Cahaya tanpa batas memang tak teruraikan dengan kata-kata. Buddha Sakyamuni menggunakan cahaya dan usia tanpa batas untuk melukiskan bahwa segala sesuatu di Alam Sukhavati adalah “tanpa batas”.

Melafal sepatah Amituofo adalah telah melafal Dharmadhatu secara menyeluruh. Ada praktisi yang bertanya padaku, sebelumnya sudah pernah melafal Maha Karuna Dharani, Sutra Hati, Pu Men Pin (Samanta-mukha parivarta, sutra yang menjelaskan tentang Bodhisattva Avalokitesvara), Sepuluh Mantra Singkat, tetapi sekarang malah beralih melafal Amituofo, apakah Bodhisattva lainnya akan tersinggung?  

Hati begini berarti memandang Bodhisattva seperti orang awam, sungguh tidak punya rasa hormat. Sekarang kita memahami bahwa sepatah Amituofo telah mencakup keseluruhannya. Avatamsaka Sutra menyebutkan bahwa seluruh makhluk merupakan satu kesatuan. Makhluk dan Buddha adalah satu kesatuan, mempunyai Jiwa KeBuddhaan yang sama. Buddha Amitabha juga adalah para Buddha lainnya, yang juga adalah semua makhluk, yang juga adalah saya sendiri. Kenyataannya, melafal Amituofo adalah melafal Jiwa KeBuddhaan diri sendiri. Seluruh dharani dan mantra sudah tercakup di dalam sepatah Amituofo.

Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi



佛說阿彌陀經要解講記
(十九)

《經》舍利弗。於汝意云何。彼佛何故。號阿彌陀。

《解》此經的示持名妙行。故特徵釋名號。欲人深信。萬德洪名。不可思議。一心執持。無復疑貳也。阿彌陀。正翻無量。本不可說。本師以光壽二義。收盡一切無量。光則橫遍十方。壽則豎窮三際。橫豎交徹。即法界體。舉此體作彌陀身土。亦即舉此體作彌陀名號。是故彌陀名號。即眾生本覺理性。持名。即始覺合本。始本不二。生佛不二。故一念相應一念佛。念念相應念念佛也。

佛在經中特為眾生指示出持名念佛的妙行,舉出阿彌陀佛的名號究竟妙在何處?第一、只要念一句佛號,非常簡單,八萬四千法門無此容易。一句名號即能使人橫超三界了生死出輪迴。第二、本經與無量壽經均說臨終十念一念即能往生,此乃非常殊勝奇妙。第三、只要往生,即圓證三不退,如只說三不退即圓教初住別教初地菩薩,圓證三不退如非等覺菩薩也是法雲地菩薩。通常修行人到此地位,從小乘證得初果須陀洹算起要三大阿僧祇劫,才能到圓證三不退,此真難信。如果要問為什麼只念幾聲佛號即能圓證三不退?答案就是名號功德不可思議,欲人深信萬德洪名不可思議,一心執持,無復疑貳也。我們這一生有幸遇到這個法門,而能否往生,其關鍵就在能否恪遵「一心執持,無復疑貳」這條教誡。若能作到,沒有一個不往生。

「阿彌陀」是梵語,正翻「無量」,「阿」譯為「無」,「彌陀」為「量」。無量本不可說。釋迦佛用「光壽」兩義收盡一切無量。佛只說二種,「光則橫遍十方,壽則豎窮三際」,此即等於今日所說的「時空」。但光壽二字優於時空,尤其「壽」字,一切無量,壽為第一,如有無量財富,而無壽命,則財富豈不落空。整個宇宙即是法界體,光壽兩字足以代表。由此可以體會到西方極樂世界之偉大,身土不二,色心一如,「阿彌陀」即是依法界全體而起的,念一句「阿彌陀佛」即是念法界全體。有些同修問我,從前曾念大悲咒、心經、普門品、十小咒,如今專念「阿彌陀佛」聖號,其他菩薩豈不要怪罪?此種心態乃是看諸菩薩為凡夫,實大不敬。現在我們了解,原來一句佛號無所不包。華嚴說,情與無情共一體。眾生與佛是一個理性,理是理體,性是真如本性。理體就是法界全體,也是阿彌陀佛,也是諸佛如來,也是一切眾生,也是我自己本人。真真的事實,念這句佛號,也是念自己的真如本性。任何經咒均在一句佛號中。「持名,即始覺合本」,起一個念頭,念「阿彌陀佛」即是「始覺」。這一句「阿彌陀佛」名號即是「本覺」。本覺即真如本性。始覺合本覺,即是真實修行,「始本不二,生佛不二,故一念相應一念佛,念念相應念念佛」。「相應」是於理相應,與事實相應,與法界全體相應,法界全體的德號即阿彌陀佛,念念喚醒自己與法界合而為一,與諸佛如來合而為一,與一切眾生合而為一,就相應了。

前面提到「氣分」,例如阿彌陀佛慈悲,我們心地也慈悲,即與阿彌陀佛慈悲的氣分相應,今天這一段經文真明白了,你就與阿彌陀佛的氣分相應。因為始本不二,性相一如,生佛不二,理事一如,念佛時體會契入這個境界,即叫作得佛的氣分。理如搞清楚,疑惑斷掉,乃是真信,比正信又提高一層,乃契入佛的氣分。

文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述