Selasa, 13 Oktober 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 01



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 1

Kata Pengantar
“Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi” diceramahkan oleh Master Chin Kung sejak tanggal 2 Juni 1993, di Perguruan Tinggi Deanza College di California, Amerika Serikat, memerlukan waktu sekitar dua bulan lamanya.

Amitabha Sutra merupakan sutra yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Mandarin oleh Master Kumarajiva. Tempo dulu ketika “Sutra Usia Tanpa Batas” masih belum tersebar luas, “Amitabha Sutra” merupakan sutra pegangan bagi para praktisi Aliran Sukhavati, “Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi” dan “Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Lian Chi”.

Selama seribu tahun belakangan ini, para praktisi Aliran Sukhavati mengandalkan dua macam penjelasan tersebut sehingga meraih keberhasilan, terutama “Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi”.

Waktu dulu, Master Yin Guang begitu mempromosikan “Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi”, beliau berkata bahwa jika bukan Buddha Amitabha sendiri yang turun ke dunia ini untuk membuat penjelasan buat Amitabha Sutra, maka takkan ada lagi yang sanggup melampauinya menulis penjelasan tersebut dengan sedemikian sempurnanya.

Master Ou Yi (15991655 Masehi, merupakan guru sesepuh Aliran Sukhavati ke-9)  menjelaskan pada kita tentang Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, serta cara melatihnya, sehingga dalam satu kehidupan dapat meraih keberhasilan serupa dengan Buddha dan Bodhisattva.

Para Buddha, Bodhisattva, guru sesepuh dan praktisi senior lainnya, pasti takkan mengelabui, Mereka tidak mengharapkan apa-apa dari diri kita, maka itu terhadap ajaran Mereka, seharusnya membangkitkan keyakinan secara mendalam tanpa keraguan sama sekali.

Judul Sutra :

fó      shuō     ā        mí       tuó      jīng    
                                         
Buddha Sakyamuni Membabarkan Tentang Amitabha Sutra



Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi




佛說阿彌陀經要解講記
(一)

淨空法師於一九九三年六月二日起,在美國加州德安乍(DEANZA College)學院講彌陀要解為期兩月。

阿彌陀經是姚秦時代羅什大師翻的。過去無量壽經尚未普遍流通時,修學淨宗所依據的典籍即阿彌陀經、蕅益大師之彌陀要解、與蓮池大師之彌陀經疏鈔。近一千年中淨宗修學能有成就者即靠這兩部註解,尤其彌陀要解,特具權威。過去印光大師對彌陀要解推崇備至。他說:即使阿彌陀佛降世為阿彌陀經作註解,亦不能超出其上。

蕅益大師把這個念佛法門解釋給我們聽,依其方法修學,在一生中亦能得到如諸佛菩薩之成就。佛菩薩及歷代祖師大德,決無欺騙,他們對我們一無所求,故對於他們的教導應深信不疑。

經題

佛說阿彌陀經


文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述