Senin, 02 November 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 24



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 24

Bait Sutra :


          shè     lì        fó                bǐ       fó       guó    tǔ               
                                                           

chéng jiù      rú       shì      gōng  dé  zhuāng yán                        
                                                           

Sariputra, Tanah Suci Sukhavati dan segala kewibawaannya terwujud berkat jasa kebajikan dari tekad Buddha Amitabha dan buah hasil melatih diri selama berkalpa-kalpa.


Penjelasan :
Bait sutra ini serupa dengan yang sebelumnya, perbedaanya adalah bait sutra sebelumnya adalah menerangkan tentang kewibawaan lingkungan Alam Sukhavati dan yang sekarang adalah menjelaskan tentang kewibawaan penghuni Alam Sukhavati. Mengapa kita harus memiliki keyakinan yang begitu teguh dan tekad yang begitu kuat, ini dikarenakan keberhasilan yang telah diraih oleh penduduk Alam Sukhavati dan diperlihatkan kepada kita semuanya.

Seluruh makhluk dari yang tertinggi yakni calon Buddha hingga yang terendah yakni makhluk di Alam Neraka, seluruhnya asalkan mau membangkitkan keyakinan, tekad dan mau melafal Amituofo, maka Buddha Amitabha akan menjemputnya terlahir ke Alam Sukhavati, setelah sampai di Alam Sukhavati dengan pemberkatan kewibawaan tekad Buddha Amitabha, memperoleh keberhasilan yang tak terbayangkan, yakni KeBuddhaan.

Untuk kebijaksanaan serupa kita adalah sulit untuk memahami ucapan ini, tetapi Bodhisattva yang telah menemukan jiwa sejati akan mampu memahaminya, menanti setelah kita berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, maka kita akan memahami kenyataan ini.

Master Tan Xu berkata, sepanjang hidupnya beliau belum pernah bertemu dengan praktisi Dhyana yang berhasil mencapai pencerahan. Praktisi Dhyana yang tidak berhasil mencapai pencerahan tidak bisa keluar dari Triloka. Meskipun mencapai tingkatan Jhana juga hanya bisa terlahir di Empat tingkatan Alam Jhana atau Rupaloka.

Upasaka Huang Nian-zu berkata praktisi Tantra yang berhasil selama 40 tahun belakangan ini di Daratan Tiongkok, dari satu miliar jiwa penduduk, yang berhasil hanya 6 orang.

Upasaka Xia Lian-ju terhadap ajaran berbagai aliran, memiliki pemahaman yang mendalam, menjelang usia lanjutnya, beliau melepaskan keseluruhannya, hanya melafal Amituofo saja, orang lain menyebutnya sudah terlena di dalam sepatah Amituofo, dia mendengar tapi tidak menaruhnya di hati, sungguh teladan yang bagus.    

Meskipun membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, namun praktisi tersebut telah berhasil keluar dari Triloka, meskipun terlahir pada tanah suci tingkatan paling rendah (Tanah suci kediaman orang awam dan insan suci), tetapi segala kemudahan yang diperoleh adalah serupa dengan tiga tingkatan tanah suci di atasnya.

Tanah Suci Tingkatan Kedua dapat dicapai setelah melenyapkan semua kekotoran batin secara tuntas. Tanah Suci Tingkatan Ketiga didiami oleh Bodhisattva Dharmakaya (calon Buddha), sedangkan Tanah Suci Tingkatan keempat atau yang paling tinggi didiami oleh para Buddha.  

Kita membawa karma serta terlahir ke Alam Sukhavati, bagaimana mungkin dalam waktu sekejab saja bisa menyempurnakan sekaligus empat tingkatan tanah suci tersebut?  Ini dikarenakan pemberkatan jasa kebajikan kekuatan tekad Buddha Amitabha.

Sampai di Alam Sukhavati, segala Pintu Dharma dapat didengar dan dipelajari, setelah mengetahui fakta ini, seharusnya melepaskan segala sutra dan sastra di dunia ini. Di Alam Sukhavati ada Buddha Amitabha sebagai guru, para Maha Bodhisattva adalah sahabat belajar kita, lingkungan yang nyaman, belajar pasti berhasil, buat apa bersusah payah mengejarnya di dunia ini?

Meskipun mempunyai waktu luang untuk membaca sutra dan sastra besar, apakah bisa memahaminya?  Di dalam pembukaan sutra disebutkan : Semoga dapat memahami makna sutra yang sesungguhnya seperti yang dibabarkan oleh Tathagata.

Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) berkata : “Maksud saya saja kamu tidak bisa memahaminya, apa bisa memahami makna ajaran Buddha yang sesungguhnya?” Ini adalah perkataan sejujurnya. Saya menasehati praktisi sekalian membaca Sutra Usia Tanpa Batas, terlebih dulu membaca sebanyak tiga ribu kali, setiap hari membaca tiga kali, setelah tiga tahun berlalu, pikiran pasti bisa jadi terfokus. Saat membaca sutra, perhatian harus ditumpukan, semua sutra lainnya hendaknya dilepaskan.

Sutra Usia Tanpa Batas lebih terperinci daripada Amitabha Sutra, Amitabha Sutra sederhana namun maknanya luas, tidak mudah memahaminya. Sutra Usia Tanpa Batas dapat membantu mengembangkan keyakinan. Saya menghabiskan waktu selama tiga tahun untuk Sutra Usia Tanpa Batas, bukan hanya melafal di mulut saja, tetapi senantiasa mengingat ajaran yang tercantum di dalamnya, menjadi pola pikir sendiri dan diterapkan dalam tindakan keseharian.

Semakin banyak membacanya, maka semakin banyak menemukan makna yang tersirat di dalamnya, makna sutra takkan ada batas ujungnya, meskipun anda menggunakan waktu sepanjang hidup untuk membaca satu sutra ini saja, makna yang terkandung di dalam sutra takkan habis-habisnya.

Buddha memperkenalkan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo ini dengan begitu terperinci dan jelas, setelah mendengarnya masih juga tidak percaya, ini disebabkan karena akar kebajikan dan berkah kebajikan yang belum mencukupi, rintangan karma yang mendalam dan berat, harus direnungkan dengan seksama.   


Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi


佛說阿彌陀經要解講記
(二十四)

《經》舍利弗。彼佛國土。成就如是功德莊嚴。

此總結經文與前段相同,惟意義不同。前面指西方依報莊嚴,此段是說西方正報莊嚴。我們為什麼下這樣大的決心與堅強的願望,即因此處所說的是主伴莊嚴成就,這實際成果展現在我們面前,其成績即十方世界往生者在十劫中即能證得補處菩薩,此為他方世界所無。佛說在娑婆世界修行,從證得初果須陀洹開始,見思煩惱三界八十八品見惑斷盡,由此日開始,修一個阿僧祇劫,可以證得三賢果位,修第二個阿僧祇劫可以證到七地果位,修第三個阿僧祇劫可證到法雲地(十地)果位,再往上即等覺。修三個阿僧祇劫才能到達一這個地步,西方世界只要十劫。一生即可達到,不要等第二生。此即「成就如是功德莊嚴」。

《解》佛及聲聞菩薩。並是彌陀因中。願行所成。亦是果上一成一切成。是則佛。菩薩。聲聞。各各非自非他。自他不二。故云成就如是功德莊嚴。能令信願持名者。念念亦如是成就也。初廣陳彼土依正妙果以啟信竟。

「佛」是阿彌陀佛本人,「聲聞菩薩」是十方世界往生的人。皆是阿彌陀佛在因地中所發四十八願之所成就。世間人民上自等覺菩薩下至地獄眾生,能信、能願、肯念佛者,都接引他們到極樂世界,到達西方皆得到阿彌陀佛本願威神加持,得到不可思議的成就。所以在果上說,「一成一切成」,「一成」是說佛,「一切成」是說大眾。

「佛、菩薩、聲聞,各各非自非他」。以我們現在的智慧常識難以理解,明心見性的菩薩可以懂,等我們到西方後,可能發現這些話都是事實。一切諸佛一切眾生,依正莊嚴,皆是自性變現之物。從自性上說即「非他」,從相上說即「非自」。從性相兩邊去觀察,性是一體,我與阿彌陀佛是一,即非他。從相上講,阿彌陀佛不是我,即非自,他的性德完全流露,我們的性德被煩惱蓋覆。自他不二,性相一如。這個道理與事實,若真搞通了,可以把阿彌陀佛無量劫所修的功德變成我們自己的功德,因為自他不二。我修行幾天即與阿彌陀佛無量劫修行的功德相等。其方法即用信願持名,信要真,願要切。世尊在經上常說,一切法從心想生。能念是我們的心,所念是阿彌陀佛。理論與事實搞清楚,轉變方法也知道,因緣具足,肯去作乃世出世間第一福德第一善根。

(二)、特勸眾生應求往生以發願

《解》淨土殊勝謂帶業往生。橫出三界。同居橫具四土。開顯四教法輪。眾生圓淨四土。圓見三身。圓證三不退。人民皆一生成佛。如是等勝異超絕。全在此二科點示。須諦研之。

此段解文是勸願勸行。大師說淨土之所以殊勝是「帶業往生,橫出三界」。一般說,斷盡見思,證小乘阿羅漢果,或大乘七信位菩薩,別教七住菩薩才能超越輪迴。當今之世沒有一個人能作到。倓虛老法師說過,他一生看到參禪得禪定者有,開悟的一個也未見到。參禪不開悟,不能出三界。得禪定不過生四禪天而已。黃念祖老居士說,密宗在大陸近四十年來十億人口中,學密有成就者只有六個人,不成比例。夏蓮居老居士對於禪、密、教都有研究,晚年一切放下,佛不離口,珠不離手,人家說他迷在佛號中,他聽而不聞,真是好榜樣。

西方世界不止帶業即可往生,橫出三界,雖然生到凡聖同居土,其他方便、實報、寂光三土也同時生到,因四土是平列的。方便土是斷盡煩惱者所生處,實報土是法身大士所居,寂光土是如來果地。我們帶業往生,一品煩惱未斷,怎能一下子就圓淨四土?此皆阿彌陀佛本願功德加持所致。「開顯四教法輪」,到了西方,一切法門均能聽到學到,知此事實,應放下一切經論。西方有阿彌陀佛是老師,諸大菩薩是同學道友,環境優越,學必有成,何苦在此間苦苦的去追求?縱然有時間讀這些大經大論,真能懂嗎?開經偈說:願解如來真實義。李老師說:「我的意思你都不能解,還能解佛的意思嗎?」這是真話。我勸大眾念無量壽經,先念三千遍,每天三遍,念三年,心就定了。念時心要專要靜,其他經典一律放下。無量壽經比阿彌陀經講的詳細,阿彌陀經言簡義賅,不容易懂。無量壽經可幫助建立信心。我近三年的工力完全用在無量壽經上,不僅口念,要把經中教訓時時刻刻記住,變成自己的思想行為。念的愈多,體會的愈深且廣,經中義理無有窮盡,你用一生的時間念這部經,其中義理皆無止境。用此經啟蒙,兼以奠定三資糧的基礎。「四教法輪」即無量壽經的發揚光大。

「眾生圓淨四土」,比上面「橫具四土」要高要深。圓淨四土至少也是等覺菩薩的境界。圓滿無欠缺,即經中所講「一生補處」。此「一生」二字是雙關語,「一生」是不要等第二生,又「一生」是一生到西方即得到圓淨四土、圓見三身、圓證三不退。這種講法是合理的,有經文可作證明,即「眾生生者,皆是阿鞞跋致」,及「得與如是諸上善人俱會一處」。「上善」是指等覺菩薩,等覺以下稱「善人」,西方世界是諸上善人聚會之處。佛介紹這個法門如此詳細透徹,聽了之後再不相信,乃是善根福德不足,業障深重,應熟思之。下面兩段經文說明如何往生,能否往生,非常重要,希特別注意。


文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述