Jumat, 23 Oktober 2015

Penjelasan Amitabha Sutra 11



Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 11


Bait Sutra :


yòu    shè     lì        fó                jí        lè       guó    tǔ               
「又                                                       

yǒu    qī       bǎo    chí              bā      gōng  dé      shuǐ            
                                                           

chōng mǎn   qí       zhōng chí    dǐ       chún  yǐ       jīn     
      滿            中,                               

shā     bù      dì       sì       biān   jiē      dào               jīn              
            地。                                金、 

yín               liú       lí                 bō      lí        hé      chéng         
                                                    

shàng yǒu    lóu      gé                yì       yǐ      jīn      yín            
                                          金、  銀、 

liú       lí                 bō      lí                 chē     qú      chì   
                                          磲、       

zhū             mǎ     nǎo    ér       yán    shì      zhī     chí   
                                          之。       

zhōng lián    huā     dà      rú       chē     lún    qīng    sè      
                                    輪,             

qīng   guāng          huáng sè       huáng guāng chì    sè      
                                    光、       

chì     guāng           bái     sè       bái     guāng          wéi              
                                                               

miào xiāng jié                        
                                       



Lagipula Sariputra, di Tanah Suci Sukhavati terdapat kolam tujuh mustika yang penuh dengan air delapan jasa kebajikan.  Dasar kolam bertaburkan pasir emas. Di empat sisi kolam terdapat tangga dan jalan yang terbentuk dari kombinasi emas, perak, lazuardi dan kristal. Di atasnya terdapat paviliun, yang terbentuk dari kombinasi emas, perak, lazuardi, kristal, musaragalva, rohita-mukta dan asmagarbha yang menghiasinya. Di tengah kolam terdapat Bunga Lotus yang ukurannya serupa roda pedati, Lotus berwarna hijau memancarkan cahaya hijau. Lotus berwarna kuning memancarkan cahaya kuning, Lotus berwarna merah memancarkan cahaya merah, Lotus berwarna putih memancarkan cahaya putih, sungguh menakjubkan, harum dan suci.



Penjelasan :  
Bait sutra ini menjelaskan bahwa praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati adalah menjelma dari Bunga Lotus, bukan melalui kandungan sehingga harus mengalami berbagai penderitaan.

Lingkungan huniannya, kolam mustika yang terbentuk dari tujuh jenis mustika. Berkah yang dimiliki Buddha Amitabha sedemikian besarnya, melatih diri selama kalpa yang tak terhingga, maka itu lingkungan hunian Alam Sukhavati adalah terbentuk dari beragam jenis mustika, sama sekali berbeda dengan alam saha, begitu pula dengan airnya, air delapan jasa kebajikan mempunyai banyak manfaat, yang paling terutama ada 8 yaitu :
1.    Jernih.
Tiada noda sama sekali.
2.    Sejuk.
Selamanya mempertahankan temperatur yang serupa.
3.    Manis.
Sangat sesuai dengan selera.
4.    Ringan dan lembut.
Dapat mengalir ke arah atas.
5.    Melembabkan
Takkan menjadi busuk.
6.    Mendamaikan
Takkan muncul gelombang besar.
7.    Menghilangkan kehausan dan rasa lapar
Bukan hanya menghilangkan rasa haus tetapi sekaligus juga menghilangkan rasa lapar.
8.    Mengembangkan semua akar kebajikan.
Menyehatkan dan berusia panjang.

Air Alam Sukhavati bukan saja mempunyai banyak manfaat, bahkan juga irama suara air mengalir mengumandangkan tentang Dukkha, Sunyata, Anitya dan Anatman, Beragam Paramita dan Dharma baik Mahayana maupun Theravada. Air adalah benda mati, namun Buddha Amitabha dengan kebijaksanaan dan kemampuan kebajikanNya sehingga mengubah air menjadi media penyebaran Dharma, untuk memenuhi kebutuhan penduduk Alam Sukhavati dalam mendengar ceramah Dharma, sungguh menakjubkan tak terbayangkan.

Di empat sisi kolam tujuh mustika terdapat jalan yang mengitarinya, jalanan ini terbentuk dari empat jenis mustika, di atas kolam terdapat paviliun yang dibangun dengan bahan tujuh mustika. Paviliun ini selain tempat hunian juga digunakan sebagai tempat ceramah Dharma.

Para praktisi yang berasal dari sepuluh penjuru alam, terlahir di Alam Sukhavati, semuanya menjelma dari Bunga Lotus yang ada di tengah kolam tujuh mustika. Bunga Lotus ini besarnya serupa dengan roda pedati.  

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas dan Amitayurdhyana Sutra disebutkan bahwa praktisi yang telah terlahir ke Alam Sukhavati, baik rupa maupun segala keperluan hidup lainnya adalah diberkati oleh Buddha Amitabha, semuanya memperoleh perlakuan yang adil dan merata, hanya saja Bunga Lotus ada yang berukuran besar dan kecil, perbedaan ini tergantung pada ketrampilan melafal Amituofo dari masing-masing praktisi.

Maka itu Master Ou Yi berkata : “Praktisi yang berhasil atau tidak terlahir ke Alam Sukhavati, semuanya tergantung pada ada atau tidaknya keyakinan dan tekad yang dimiliki; sedangkan tinggi rendahnya tingkatan Bunga Lotus yang dicapainya, adalah tergantung pada dalam atau dangkalnya ketrampilan melafal Amituofo yang dimiliki”.

Seluruh penduduk Alam Sukhavati mempunyai cahaya, tubuh jasmani mereka memancarkan cahaya, demikian pula dengan Bunga Lotus juga memancarkan cahaya. Di dalam cahaya terdapat warna warni yang tak terhingga, di sini hanya disebutkan empat jenis warna saja sebagai contohnya. Bunga Lotus menakjubkan, harum dan suci, juga terbentuk dari ragam mustika.

Segala keperluan penduduk Alam Sukhavati terwujud sesuai dengan keinginan masing-masing, bebas tanpa halangan, tak terbayangkan.

Para makhluk di sepuluh penjuru yang mendengar nama Buddha Amitabha dan mengetahui adanya Alam Sukhavati, dapat membangkitkan keyakinan dan mengikrarkan tekad, melafal Amituofo berniat terlahir ke Alam Sukhavati, maka di kolam tujuh mustika akan muncul sekuntum Bunga Lotus, di atasnya ada tercantum nama sendiri.

Kita melafal Amituofo di dunia manusia, maka Bunga Lotus di kolam tujuh mustika kian melafal kian membesar, tetapi sebaliknya bila kita beralih ke pintu Dharma lainnya, umpamanya beralih mempelajari Ajaran Zen atau Tantra, maka Bunga Lotus tersebut akan jadi layu. Segala kondisi di Alam Sukhavati takkan mengalami muncul dan lenyap, hanya satu-satunya Bunga Lotus yang mengalami perubahan dan tidak kekal.

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas disebutkan tentang ragam mustika di Alam Sukhavati, bukan saja dapat memancarkan cahaya nan menakjubkan namun juga menebarkan harum semerbak, maka itu Alam Sukhavati juga disebut sebagai “Kewibawaan Semerbak Keharuman Cahaya”.

Bunga Lotus tidak memiliki bentuk yang tetap, mengalami perubahan namun tak ternodakan, murni dan suci. Bunga Lotus begitu sempurna istimewanya, sebagai tempat kelahiran, maka itu tubuh jasmani dan rupa praktisi yang menjelma dari Bunga Lotus akan lebih sempurna istimewanya.         

Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi



佛說阿彌陀經要解講記
(十一)

《經》又舍利弗。極樂國土。有七寶池。八功德水。充滿其中。池底純以金沙布地。四邊階道。金銀琉璃。玻璃合成。上有樓閣。亦以金銀琉璃。玻璃硨磲。赤珠瑪瑙。而嚴飾之。池中蓮華。大如車輪。青色青光。黃色黃光。赤色赤光。白色白光。微妙香潔。

《解》上明住處。今明生處。寶池金銀等所成。不同此方土石也。八功德水者。一澄清。異此方渾濁。二清冷。異寒熟。三甘美。異鹹淡劣味。四輕軟。異沉重。五潤澤。異□腐褪色。六安和。異急暴。七除饑渴。異生冷。八長養諸根。異損壞諸根。及沴戾增病沒溺等也。充滿其中。異枯竭汎濫。底純金沙。異汙泥。

此段經文說明生到西方是蓮花化生,無胎生及其他諸苦,其生處之環境,寶池為七寶所成。阿彌陀佛福極大,無量劫修持,每一往生者至少皆修增上善因,眾生福報太大了,所以他的依報環境皆眾寶所成,與娑婆完全不同,水也不一樣,好處很多,其中最顯著者有八:(一)澄清。一絲毫雜質沒有。(二)清冷。永遠保持同樣溫度。(三)甘美。非常可口。(四)輕軟。能向上流。(五)潤澤。不會腐敗。(六)安和。無洶濤大浪。(七)除饑渴。不但止渴亦可除飢。(八)長養諸根。使人健康長壽。觀經上說,水可繞著樹梢流動,極其輕軟美觀。不但有如此眾多好處而且能說法,水流音聲,演說苦、空、無常、無我,諸波羅蜜與大小乘法。水本來是無情之物,阿彌陀佛以其智慧德能使其變成說法的工具,以滿足大眾聞法之需,實不可思議。

《解》階道四寶。異磚石。陛級名階。坦途曰道。重屋為樓。岑樓名閣。七寶樓閣。異此方土木丹青也。樓閣是住處。及法會處。但得寶池。蓮胞開敷。便可登四岸。入法會。見佛聞法也。華輪者。輪王金輪。大四十里。且舉最小者言。若據觀經。及無量壽會。大小實不可量。由同居淨土。身相不等故也。青色名優缽羅。黃色名拘勿頭。赤色名缽頭摩。白色名芬陀利。由生身有光。故蓮胞亦有光。然極樂蓮華。光色無量。此亦略言耳。微妙香潔。略歎蓮華四德。質而非形曰微。無礙曰妙。非形則非塵。故潔也。蓮胞如此。生身可知。

七寶池四週的道路,皆四寶造成,樓是兩層,閣有二層三層如寶塔形,屋頂是尖的。建築材料皆用七寶。樓閣是住處,亦是講經說法之所在。十方世界眾生生到西方皆蓮花化生,蓮花在七寶池中。花開見佛悟無生,其境界是實報莊嚴土,皆屬法身大士。所見的是佛的報身。花未開時亦能見佛,而所見的是佛的應化身。自己未修到這個境界蒙阿彌陀佛本願威神加持,也可以得到實報土的享受,若能花開見佛是自己真正達到這個境界。

經中說蓮花大如車輪,解文中說輪王金輪大四十里。此言世界上有統治者,其名為輪王,統治全世界者,在歷史上尚未出現輪王,佛說統治一個日月所照,四大部洲的單位世界,以須彌山為中心,日月繞著須彌山轉。從前認為是一個太陽系,以太陽為中心,實際上經中說以須彌山為中心。黃念祖老居士認為太陽是繞著銀河系轉,銀河系的中心,即天文學家所說的黑洞,此黑洞可能就是須彌山,如此說屬實,則一個單位世界即是銀河系,統治整個銀河系的叫金輪王,管四分之三銀河系的是銀輪王,管二分之一銀河系的是銅輪王,管理四分之一銀河系的是鐵輪王。這些王縱然存在,我們也見不到。輪王有一寶物,其用途是交通工具,在一晝夜間可以巡邏銀河系一週。

無量壽經與觀經均說凡是生到西方世界的人,其身體、容貌、受用是阿彌陀佛所加持,都是一樣的,惟獨蓮花大小不同,因蓮花大小是依自己念佛工夫而有異。所以蕅益大師說:「得生與否,全由信願之有無;品位高下,全由持名之深淺。」蓮花與品位有密切關係。

西方世界的人,身皆有光,蓮花亦有光。光有無量色,此處只提四色乃略舉耳。蓮花微妙香潔,亦眾寶所成,形狀隨念力而有大小不同,西方一切受用無不隨心所欲,自在無礙,不可思議,有形亦能通行無礙,即華嚴所說事事無礙。天人以上的境界,即事事無礙,何況這是如來果地上的莊嚴。十方世界眾生,聽到阿彌陀佛的名號知道西方有一個極樂世界,能相信發願,念佛求生,西方七寶池中即生出一個蓮苞,上有自己的名字,我們在人世間念佛,七寶池中的蓮花愈念愈大,如改信其他法門或參禪或學密,此花即枯萎。西方世界一切景觀均不生不滅,惟獨蓮花變化無常。大經中提到西方世界的眾寶,不但光色微妙而且有香氣,故西方亦稱為「香光莊嚴」,確有極妙之象。蓮花沒有一定形狀,變化而有,並非色塵,故無污染,純為潔淨,唯心所現。蓮花如此殊勝圓滿,乃是生處,故人的身體色相比蓮花更為殊勝。


文摘恭錄 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述